Sebut Kinerja Pemprov Jabar 2023 Tidak Memuaskan, Komisi II: Angka Pengangguran Masih Tinggi

- 17 Mei 2024, 12:40 WIB
Sebut Kinerja Pemprov Jabar 2023 Tidak Memuaskan, Komisi II: Angka Pengangguran Masih Tinggi.
Sebut Kinerja Pemprov Jabar 2023 Tidak Memuaskan, Komisi II: Angka Pengangguran Masih Tinggi. /Zaenal Mutaqin/

Literasi News - Komisi II DPRD Jawa Barat memberikan sejumlah catatan mengenai kinerja Pemprov Jawa Barat yang tertuang dalam Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Gubernur Tahun Anggaran 2023.

Catatan tersebut disampaikan Komisi II DPRD Jabar usai melakukan evaluasi ke seluruh mitra kerja yaitu Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perkebunan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil, Dinas Kehutanan, dan Biro Perekonomian.

"Kinerja perekonomian Jawa Barat relatif sangat kecil dampaknya walaupun pada akhir tahun 2023 secara keseluruhan laju pertumbuhan ekonomi telah kembali positif," kata Ketua Komisi II DPRD Jawa Barat Rahmat Hidayat Djati kepada wartawan Jumat, 17 Mei 2024.

Baca Juga: Kecelakaan Maut Di Subang, Anggota DPRD Jabar M Faizin Minta PO Bus Tak Berizin Bertanggung Jawab

Pos Total Belanja yang mencerminkan kinerja Pemerintah Provinsi Jawa Barat bagi kepentingan rakyat Jawa Barat khususnya di mitra kerja Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat sebagai program pendorong perekonomian belum menunjukkan keberpihakan dan prioritas yang memadai.

Jumlah belanja langsung seluruh mitra Komisi II adalah Rp. 1.371.049.653.206,(sudah termasuk belanja pegawai) dari total APBD Jawa Barat tahun 2023 sebesar Rp. 37.739.260.042.946.

Rahmat menyebut kondisi ini disebabkan kecilnya total anggaran yang dialokasikan bagi sektor perekonomian dari APBD Jawa Barat dan tidak efektifnya program-program yang dilaksanakan pada periode tahun 2023 tersebut.

"Secara umum kinerja Pemprov Jawa Barat, khususnya mitra Komisi II pada tahun 2023 adalah buruk atau tidak memuaskan," ujar dia.

Atas dasar itu Komisi II DPRD Jabar menyampaikan sejumlah rekomendasi atas LKPJ Gubernur Jawa Barat 2023 ini diantaranya adalah perlunya ditingkatkan kualitas data dan informasi yang akurat dan terkini sebagai basis pengambilan keputusan dan penyusunan dokumen perencanaan.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah