Bahaya! Tren Pengguna Narkoba di Jawa Barat Meningkat Selama Pandemi Covid-19

- 24 Maret 2021, 19:44 WIB
Kepala BNNP Jawa Barat Brigjen Pol Sufyan Syarif mengemukakan selama pandemi Covid-19, tren pengguna narkoba di Jawa Barat meningkat
Kepala BNNP Jawa Barat Brigjen Pol Sufyan Syarif mengemukakan selama pandemi Covid-19, tren pengguna narkoba di Jawa Barat meningkat /Literasi News/Nabiel Purwanda/

Literasi News - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Barat mencatat tren pengguna narkoba di wilayah itu meningkat selama pandemi Covid-19.

Kepala BNNP Jawa Barat Brigjen Pol Sufyan Syarif mengemukakan hal ini dipicu adanya pembatasan aktivitas masyarakat dalam situasi dan kondisi masa tersebut.

“Karena orang kurang aktivitas, tapi pinginnya yang hepi-hepi, ya, naik. Faktanya penangkapan kita lebih banyak,“ kata Sufyan kepada wartawan, Rabu 24 Maret 2021.

Baca Juga: Wendy Red Velvet Debut Solo, Mini Album 'Like Water' 5 April 2021. Pre-Order Mulai Malam Ini

Sufyan menyebut, pengguna narkoba berasal dari berbagai kalangan, termasuk kaum milenial. Malahan saat ini siswa SMP sudah menggunakan obat-obatan terlarang.

“Mulai SMP sekarang sudah pakai obat-obatan terlarang, seperti jenis benzo. Makanya yang obat-obatan terlarang saya tangkapi itu, karena dampaknya sama dengan penggunaan narkoba,” ujarnya.

Menurut Sufyan, banyaknya remaja terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba karena ingin mengidentikan diri dengan kebebasan. Mereka menganggap narkoba dan obat-obatan bagian dari bentuk kebebasan tersebut.

Baca Juga: Kasus Narkoba di Cianjur Tahun Ini 52 Perkara, 30 Persen Jaringan Lapas

“Sebab itu, perlu lingkungan untuk merubahnya. Lingkungan itu siapa, ya keluarga, RT, kelurahan, dan seterusnya, semua harus bekerja,” ucap Sufyan.

Sufyan menyebutkan, Provinsi Jawa Barat berada di peringkat paling atas untuk kasus pengguna narkoba di Indonesia berdasarkan tingkat prevalensi dan dilihat dari jumlah penduduk.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x