Kasus Korupsi Pembangunan 2 Gedung IPDN, Petinggi PT Waskita Karya Dipanggil KPK

- 1 Desember 2020, 17:51 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). /ANTARA/

 
Literasi News - Pada Selasa, 1 Desember 2020, Komisi Pemberantasan Korupsi memeriksa salah seorang petinggi di PT Waskita Karya. Pemanggilan itu terkait kasus korupsi pengadaan dan pelaksanaan pembangunan gedung kampus IPDN pada tahun anggaran 2011.

Petinggi Waskita Karya yang dimintai keterangan oleh KPK ialah Setiawan Andri. Saat ini, Setiawan menjabat sebagai Senior Vice President Building Division PT Waskita Karya.

Dikutip dari Antara, Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri menuturkan, Setiawan diperiksa dalam statusnya sebagai saksi untuk tersangka mantan Pejabat Pembuat Komitmen Pusat Administrasi Keuangan dan Pengelolaan Aset Sekretariat Jenderal Kemendagri Tahun 2011, Dudy Jocom (DJ).

Baca Juga: 6 Tahun Keluarga Wali Kota Banjar Pegang Proyek Infrastruktur, KPK Belum Munculkan Tersangka

Pada 10 Oktober 2018, KPK telah menetapkan tiga tersangka kasus korupsi dalam pembangunan dua gedung IPDN di Gowa, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara.

Sebelumnya, KPK juga telah memproses dugaan korupsi pada pembangunan dua gedung IPDN di Kabupaten Agam, Sumatera Barat dan Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Pada 2010, tersangka Dudy, melalui kenalannya, diduga menghubungi beberapa kontraktor dan memberitahukan akan ada proyek IPDN.

Baca Juga: Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih Sudah 2 Kali Diperiksa, KPK Belum Menetapkan Tersangka

Lalu, dilakukan pertemuan di sebuah cafe di Jakarta. Diduga, sebelum lelang dilakukan, disepakati pembagian pekerjaan. PT Waskita Karya mendapatkan proyek IPDN di Sulsel. Sementara, PT Adhi Karya untuk proyek IPDN di Sulut.

Dari pembagian proyek itu, Dudy dan kawan-kawan meminta fee 7 persen. Pada September 2011, pemenang lelang ditetapkan. Lalu, Dudy dan kontraktor menandatangani kontrak proyek.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x