500 Mahasiswa Unand Terancam DO, Kemendikbud Diminta Beri Atensi

- 7 Februari 2023, 09:20 WIB
500 Mahasiswa Unand Terancam DO, Kemendikbud Diminta Beri Atensi.
500 Mahasiswa Unand Terancam DO, Kemendikbud Diminta Beri Atensi. /Dok DPR RI

Literasi News – Kabar 500 mahasiswa Universitas Andalas (Unand) terancam tidak bisa melanjutkan kuliah mendapatkan perhatian banyak kalangan. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) pun diminta memberikan perhatian khusus atas masalah tersebut.

“Kami menilai terancamnya keberlangsungan belajar ratusan mahasiswa Unand karena persoalan pembiayaan harus menjadi perhatian khusus dari Kemendikbud Ristek. Apalagi mereka tidak lolos verifikasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah,” ujar Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, Selasa, 7 Februari 2023.

Untuk diketahui ratusan mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Padang kini terancam diberhentikan karena persoalan pembiayaan. Harapan mereka melanjutkan kian buram karena tak lolos verifikasi Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Rata-rata mereka baru semester I yang bakal lanjut semester II.  Sebagian mahasiswa ini pun telah mengadukan nasib mereka ke Ombudsman Sumatera Barat.

Baca Juga: 8 Ulama yang Pimpin Acara Puncak Harlah 1 Abad NU di Stadion Delta Sidoarjo

Huda mengatakan akses ke pendidikan tinggi di tanah air secara umum memang masih rendah. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik tahun lalu Angka Partisipasi Kasar Perguruan Tinggi (APK-PT) masih di kisaran 31,16%. “Angka ini tertinggal dari Malaysia yang mencapai 50% maupun Singapura yang ada di kisaran 70%,” ujarnya.

Salah satu faktor rendahnya APK-PT, kata Huda adalah tingginya masalah pembiayaan yang harus ditanggung olah calon mahasiswa. Upaya pemerintah dalam membuka akses melalui berbagai program bea siswa pun belum memberikan dampak signifikan. “Kasus Unand bisa menjadi contoh bagaimana KIP-Kuliah masih belum memberikan jangkauan besar untuk memastikan keberlanjutan pendidikan mahasiswa. Maka di sini perlu langkah khusus untuk menyelesaikannya,” katanya.

Politikus PKB ini berharap agar ada langkah diskresi dari Kemendikbud Ristek agar ratusan mahasiswa Unand bisa melanjutkan pendidikannya. Langkah tersebut bisa memperbanyak kuota KIP-Kuliah untuk Unand. Selain itu juga bisa menyertakan ratusan mahasiswa yang tidak lolos verifikasi KIP Kuliah dalam seleksi bea siswa unggulan. “Atau melakukan langkah lain yang diperlukan agar ratusan mahasiswa yang terancam DO bisa melanjutkan pendidikannya di Unand,” pungkasnya.***

Editor: Abdul Rokib

Sumber: DPR RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x