Perguruan Tinggi Agar Hadirkan Laboratorium Wirausaha, Ini Tujuannya Kata Menkop UKM

- 12 Desember 2022, 09:13 WIB
ilustrasi UMKM.* Menkop UKM Teten Masduki: perguruan tinggi diharapkan bisa menghadirkan laboratorium wirausaha di kampus-kampus.
ilustrasi UMKM.* Menkop UKM Teten Masduki: perguruan tinggi diharapkan bisa menghadirkan laboratorium wirausaha di kampus-kampus. /Nyoman Hendra Wibowo/ANTARA FOTO

Literasi News - Perguruan tinggi atau universitas di Indonesia diharapkan bisa menghadirkan laboratorium wirausaha di kampus-kampus.

Keberadaan laboratorium wirausaha itu bertujuan untuk menciptakan wirausahawan unggul yang berbasis kreativitas dan teknologi.

Hal tersebut seperti disampaikan oleh Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki melalui keterangan resminya baru-baru ini.

Teten Masduki menilai generasi muda saat ini sangat berminat untuk menjadi enterpreneur (wirausahawan). Terlebih data dari Asia Pasifik Young Enterpreneur Survei tahun 2021, menunjukkan 72 persen generasi Z dan milenial berkeinginan menjadi wirausaha.

"Nah berbeda dengan generasi saya dan Pak Rektor dulu. Banyak anak mudanya justru ingin jadi pegawai, baik pegawai pemerintah maupun pegawai swasta,” tuturnya.

Baca Juga: Media Bisa Menjadi Kanal Literasi Ekosistem Digital UMKM, Berikut Penjelasan Teten Masduki

Apalagi, menurut Menkop UKM, Kemendikbud Ristek memiliki program matching fund yang dapat dimanfaatkan mahasiswa. "Sehingga pengembangan kewirausahaan mahasiswa bisa dikoneksikan dengan riset di universitas," ujarnya.

Teten Masduki juga menyampaikan bahwa hasil riset mahasiswa bisa dihilirisasi dan komersialisasi menjadi sebuah produk unggulan para wirausahawan muda yang lahir dari universitas.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x