Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Cianjur Terus Meningkat Pasca Lebaran, Ada Tambahan 474 orang

- 28 Mei 2021, 19:42 WIB
Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal: Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Cianjur Terus Meningkat Pasca Lebaran, Ada Tambahan 474 orang
Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal: Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Cianjur Terus Meningkat Pasca Lebaran, Ada Tambahan 474 orang /Literasi News/Nabiel Purwanda

Literasi News - Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pasca lebaran terus mengalami peningkatan. Saat ini, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 5.183 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 136 orang meninggal dunia, 545 orang masih dalam penanganan, serta 4.388 orang dinyatakan sembuh.

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal mengungkapkan terdapat penambahan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 474 orang pasca lebaran lalu.

Baca Juga: Siaran Langsung Final Liga Champion 2021, Duel Manchester City vs Chelsea Live di SCTV

"Jumlah tersebut dipicu mobilisasi masyarakat di momen lebaran, termasuk kehadiran pemudik dari luar daerah yang pulang kampung. Meskipun pemerintah pusat maupun daerah gencar menerapkan pelarangan mudik," kata Yusman kepada wartawan, Jumat 28 Mei 2021.

Yusman telah memprediksi momen perayaan lebaran lalu akan terjadi lonjakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Cianjur.

“Karena ada mobilisasi warga, ada kontak erat satu sama lain, momen lebaran seperti berkumpul, termasuk adanya kunjungan dari luar daerah (pemudik)," ujarnya.

Baca Juga: Marvin Warga Kel. Sayang Cianjur Tewas Tersengat Listrik Saat Membetulkan Saluran Talang Air Ruko

Namun dengan adanya temuan kasus itu, sambung Yusman, mengindikasikan proses pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment) berjalan baik dan tepat.

“Kerja surveillance yang lebih baik, daripada kasusnya tidak terlacak dan tidak terdeteksi lalu tidak terjaga, lebih baik terdeteksi sejak awal. Pak bupati juga telah menginstruksikan untuk melakukan pemeriksaan yang lebih masif pasca lebaran ini,” tandasnya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x