Siap-siap, Pendaftaran CASN Mulai April 2021. Berikut Ini Penjelasan KemenpanRB

- 20 Maret 2021, 21:52 WIB
Siap-siap, Pendaftaran CASN 2021 Mulai April 2021. Berikut Ini Penjelasan KemenpanRB
Siap-siap, Pendaftaran CASN 2021 Mulai April 2021. Berikut Ini Penjelasan KemenpanRB /instagram KemenpanRB

Literasi News - Rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2021 sebanyak 1,3 juta formasi dilakukan pemerintah melalui tiga skema. Rekrutmen akan dimulai dengan pembukaan pendaftaran, rencananya pada bulan April.

“Rekrutmen CASN akan dimulai dengan pembukaan pendaftaran untuk sekolah kedinasan yang rencananya akan dimulai pada bulan April,” kata Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB (KemenpanRB) Teguh Widjinarko.

Menurutnya, penerimaan CASN tahun 2021 akan diperuntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS),  Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), serta sekolah kedinasan.

Baca Juga: Buruan Daftar, Ada Beasiswa Bagi Santri. Ini Daftar PT, Kuota, dan Program Studi untuk PBSB Tahun 2021

Rekrutmen CASN akan diawali bagi sekolah kedinasan di bawah delapan instansi kementerian dan lembaga. Setelah itu dilanjutkan pembukaan pendaftaran guru PPPK, PPPK non-guru, dan CPNS yang direncanakan pada bulan Mei atau Juni.

“Jika ada informasi terbaru terkait jadwal ataupun proses seleksi CASN, akan kami sampaikan melalui website resmi Kementerian PANRB,” jelasnya dikutip Literasinews dari laman resmi KemenpanRB.

Bagi calon pelamar guru PPPK, akan diberikan kesempatan mengikuti tiga kali seleksi. Pertama direncanakan pada bulan Agustus, kedua pada bulan Oktober, dan ketiga akan dilaksanakan di bulan Desember.

Baca Juga: Penjualan Saham Bir PT. Delta Djakarta, Pemprov DKI Jakarta Kembali Layangkan Surat Ke DPRD

Teguh menjelaskan proses rekrutmen bagi CASN menggunakan CAT menutup adanya potensi kecurangan dan praktik calo. Dengan sistem CAT, hasil tes para peserta dapat langsung terlihat secara real time sehingga prosesnya akuntabel dan transparan.

Setelah proses seleksi dengan Computer Assisted Test (CAT), bagi yang lulus akan melanjutkan tahapan selanjutnya yakni pemberkasaan, hingga penetapan NIP oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x