Kementerian KKP Kerja Sama Dengan Prancis Dalam Pengembangan Pelabuhan Ikan Ramah Lingkungan

- 24 Februari 2021, 11:39 WIB
Ilustrasi - Sejumlah nelayan memilih berbagai jenis ikan di atas kapalnya saat bersandar di Pelabuhan Tegal, Jawa Tengah
Ilustrasi - Sejumlah nelayan memilih berbagai jenis ikan di atas kapalnya saat bersandar di Pelabuhan Tegal, Jawa Tengah /ANTARA/Oky Lukmansyah

 

Literasi News - Kementerian Kelautan dan Perikanan atau Kementerian KKP melakukan kerja sama dengan Lembaga Pembangunan Prancis (AFD) dalam mengembangkan pelabuhan perikanan ramah lingkungan.

Pengembangan pelabuhan dilakukan menggunakan sistem eco fishing port atau pelabuhan ramah lingkungan.

"Skema tersebut dilakukan untuk membangun dan memelihara pelabuhan perikanan yang ramah dan berwawasan lingkungan," kata Plt Direktur Jenderal Perikanan Tangkap M. Zaini dikutip dari laman Antara Rabu, 24 Februari 2021.

Baca Juga: KOPRI Kota Bandung Selenggarakan Sharing KOPRI Se-Jawa Barat. Bahas Tema Perempuan Bersatu Indonesia Maju

Menurut Zaini, studi pengembangan eco fishing port sudah dilakukan oleh AFD sejak tahun 2014 lalu.

Dia menjelaskan program ini telah tercantum pula dalam Green Book/DRPPLN (Dokumen Rencana Pemanfaatan Pinjaman Luar Negeri) Tahun 2020 sesuai Kepmen PPN/Bappenas Nomor 65 Tahun 2020.

"Dengan terbitnya green book ini berarti Ditjen Perikanan Tangkap sebagai Executing Agency dan Direktorat Kepelabuhanan Perikanan selaku implementating agency perlu mempersiapkan kebutuhan untuk ke tahap selanjutnya," jelasnya.

Baca Juga: Chelsea dan Bayern Menangi Leg Pertama Babak 16 besar Liga Champions Dini Hari Tadi

Sebelumnya, menurutnya lagi Kementerian KKP peninjauan di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Cilacap dan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pekalongan.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x