Sejumlah Jaringan Irigasi di Cianjur Rusak Akibat Bencana Hidrometeorologi

- 25 Desember 2020, 12:50 WIB
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar.
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar. /Literasi News/Nabiel Purwanda

Literasi News - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat segera melakukan perbaikan beberapa bangunan irigasi yang rusak akibat bencana hidrometeorologi yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar, mengatakan beberapa infrastruktur jaringan irigasi dilaporkan rusak, setelah diterjang tingginya curah hujan yang terjadi dalam kurun 1-2 bulan terakhir.

Penyebab kerusakannya, lanjut Eri, karena terdampak bencana hidrometeorologi seperti tanah longsor ataupun banjir.

Baca Juga: Personel yang Bertugas Pengamanan Natal dan Tahun baru Menjalani Pemeriksaan Kesehatan

"Ada beberapa laporan yang masuk. Terakhir itu laporan dari DI (Daerah irigasi) di Kecamatan Cidaun yang rusak akibat banjir. Untuk jumlahnya saya harus membuka data lagi. Tapi ada beberapa yang rusak," kata Eri kepada wartawan, Jumat 25 Desember 2020.

Eri tak memungkiri setiap tahun, terutama saat curah hujan tinggi, selalu terjadi laporan kerusakan jaringan irigasi. Tak hanya karena banjir, tapi juga rusak akibat tanah longsor. "Setiap tahun kita selalu upayakan perbaikan, termasuk menambah jumlahnya," sebut Eri.

Eri mengatakan, peningkatan jaringan irigasi merupakan satu di antara program prioritas di Kabupaten Cianjur. Pasalnya, infrastruktur irigasi merupakan bagian tak terpisahkan dari sektor pertanian padi sawah yang masih menjadi andalan di Kabupaten Cianjur.

Baca Juga: Liga Inggris Pekan ke 15. Berikut ini Jadwal Pertandingan dan Siaran Langsung di NET TV, Mola TV

"Peningkatan jaringan irigasi sesuai dengan program Pemkab Cianjur. Irigasi akan lebih diperhatikan," tuturnya.

Peningkatan jaringan irigasi, kata Eri, kadang dibantu dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat. Termasuk ada bantuan dari Pemprov DKI Jakarta bagi daerah penyangga.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah