Pemerintah dan DPRD Jabar Jamin Cianjur Selatan Bakal Jadi Calon Daerah Otonomi Baru

- 6 Desember 2020, 17:24 WIB
Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ade Barkah Surahman menjamin Cianjur Selatan bakal diusulkan menjadi calon daerah otonomi baru.
Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ade Barkah Surahman menjamin Cianjur Selatan bakal diusulkan menjadi calon daerah otonomi baru. /Literasi News/Nabiel Purwanda

Literasi News - Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat menjamin wilayah Cianjur selatan akan menjadi salah satu calon daerah otonomi baru (CDOB).

Tidak masuknya wilayah Cianjur selatan bersama dengan CDOB lain yaitu Kabupaten Sukabumi Utara, Kabupaten Bogor Barat, dan Kabupaten Garut Selatan karena ketiga wilayah tersebut sudah lebih dahulu melengkapi dan memasukan persyaratan untuk diproses di tingkat provinsi.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ade Barkah Surahman, mengatakan Pemerintah dan DPRD Provinsi Jawa Barat akan mengusulkan wilayah Cianjur selatan ke pemerintah pusat sebagai daerah otonomi baru pada proses berikutnya.

Baca Juga: Dakwah di Sosmed Punya Pengaruh yang Kuat, TGB Ajak Tokoh Jaga Kerukunan

"Kami menggaransi Cianjur selatan akan menjadi daerah otonomi baru. Tidak masuknya Cianjur selatan, bersamaan dengan tiga CDOB karena karena tiga daerah itu lebih dulu diproses di tingkat provinsi. Sementara, Cianjur selatan baru menyampaikan untuk pembahasan," kata Ade, yang juga
Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, kepada wartawan, Minggu 6 Desember 2020.

Ade menyebutkan, target CDOB di Jawa Barat cukup banyak. Jika persyaratan Cianjur sudah lengkap, maka Gubernur dan DPRD Jawa Barat akan segera memproses dan mengusulkan ke pemerintah pusat.

"Jika persyaratan sudah lengkap, kami akan segera melakukan pembahasan sekaligus memproses Cianjur selatan menjadi CDOB dengan diusulkan ke pemerintah pusat," jelasnya.

Baca Juga: Jangan Takut Kasih Bocoran Info ke LPSK Terkait Korupsi Bansos Covid-19 di Kemensos

Sementara itu, Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan sudah berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pemerintah provinsi terkait dengan percepatan Cianjur selatan menjadi CDOB.

Herman menjamin harapan dan cita-cita masyarakat Cianjur selatan untuk menjadi daerah otonomi baru pasti terwujud dan terlaksana.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x