Komisi X : Hibah Pariwisata Rp3,3 Triliun Bisa Ungkit Pariwisata Daerah

- 15 Oktober 2020, 16:23 WIB
Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda (Dok: LiterasiNews)
Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda (Dok: LiterasiNews) /

 

Literasi News – Langkah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyalurkan dana hibah pariwisata Rp3,3 triliun kepada pelaku pariwisata dan pemerintah daerah diapresiasi banyak kalangan.

Kebijakan ini dipandang sebagai langkah tepat untuk menggerakan kembali industry pariwisata yang mati suri akibat pandemic Covid-19.


“Kami menilai penyaluran hibah Rp3,3 triliun merupakan terobosan agar industry pariwisata daerah kembali bergerak. Saat ini industri pariwisata masih mencoba recovery dari hantaman krisis akibat pandemic Covid-19 sehingga membutuhkan intervensi dari pemerintah agar cepat bangkit,” ujar Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda, Kamis (15/10/2020).

Baca Juga: Rp3,3 Triliun Dana Hibah Pariwisata Segera Disalurkan


Dia menjelaskan industry pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling awal merasakan dampak dari Pandemi Covid-19. Jumlah turis domestic maupun luar negeri di berbagai destinasi wisata menurun dratis.

Kondisi ini berimbas langsung pada pelaku industri wisata baik di bidang perhotelan, transportasi, kuliner, hingga pelaku UMKM.

“Bahkan di berbagai wilayah desa-desa wisata yang baru tumbuh dan berkontribusi pada pendapat desa juga terimbas pandemic Covid-19 sehingga banyak pelakunya yang tiba-tiba menganggur,” katanya.

Baca Juga: Menyadari Punya Resiko Hipertensi,Ikuti Saran Dokter Berikut Ini

Huda mengatakan factor utama menurunnya jumlah wisatawan tidak hanya karena factor ekonomi.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x