Potensi Pergerakan Saat Lebaran Capai 193,6 Juta Orang, Menhub Usulkan Diskon Tarif Tol

- 13 Maret 2024, 10:39 WIB
Potensi Pergerakan Saat Lebaran Capai 193,6 Juta Orang, Menhub Usulkan Diskon Tarif Tol.
Potensi Pergerakan Saat Lebaran Capai 193,6 Juta Orang, Menhub Usulkan Diskon Tarif Tol. /Ranthi Apriliah/

Literasi News - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyatakan potensi pergerakan orang pada lebaran 2024 diperkirakan mencapai 193,6 juta orang.

Angka itu lebih tinggi jika dibandingkan dengan pergerakan orang pada 2023 sebanyak 123,8 juta orang.

Menghindari potensi kepadatan lalu lintas saat terjadinya terjadinya puncak arus mudik, Menhub meminta badan usaha untuk memberikan diskon tarif tol, maupun tarif angkutan transportasi untuk masyarakat yang mudik lebih awal.

Baca Juga: Program Baru Garansi Tepat Waktu: Ayu Ting Ting, Komeng, dan Lesti Kejora Makin Nyaman Belanja di Shopee

Sehingga diharapkan pergerakan orang bisa terdistribusi dengan baik dan tidak terkonsentrasi pada satu hari saja yang berpotensi menimbulkan kepadatan ataupun kemacetan.

"Pengaturan waktu mudik, penyelenggaraan diskon tarif transportasi massal untuk mudik lebih dini, mudik gratis, rekayasa lalu lintas, diskon tarif jalan tol, hingga pengaturan lalu lintas terutama pada daerah yang beresiko terjadi kepadatan luar biasa akan kami lakukan," ujar Menhub dalam keterangan resminya yang dikutip Rabu, 13 Maret 2024.


Pemberian diskon tarif tol dan dan diskon tarif transportasi juga menimbang hasil survey yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik bersama Kementerian Perhubungan.

Baca Juga: Jadwal Imsak dan Buka Puasa Ciamis dan Banjar Patroman Hari Ini, Rabu 13 Maret 2024

Minat masyarakat terhadap pemilihan penggunaan angkutan untuk mudik lebaran terbanyak adalah kereta api sebesar 20,3% (39,32 juta), bus 19,4% (37,51 juta), mobil pribadi 18,3% (35,42 juta), dan sepeda motor sebesar 16,07% (31,12 juta). 

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah