Lengkap Doa Menyembelih Hewan Kurban Pada Hari Raya Idul Adha

- 29 Juni 2023, 13:50 WIB
Lengkap Doa Menyembelih Hewan Kurban Pada Hari Raya Idul Adha
Lengkap Doa Menyembelih Hewan Kurban Pada Hari Raya Idul Adha /

Literasi News- Hari Raya Idul Adha identik dengan ibadah kurban. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang lebih familier dengan istilah Hari Raya Kurban daripada Hari Raya Idul Adha. Meskipun keduanya sebetulnya sama saja.

Berkurban dengan hewan-hewan yang telah ditetapkan syariat adalah satu ibadah yang sangat dianjurkan. Hukumnya sunah muakkad bagi setiap orang Islam, baligh, berakal, dan mampu melakukan jenis ibadah ini.

Dikutip literasinews.com dari laman resmi NU. Berikut Doa Lengkap Menyembelih Hewan Kurban menjelaskan bahwa doa ini penting dibaca dengan harapan Allah menerima ibadah kurban. Doanya adalah sebagaimana berikut:

Baca Juga: Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban: Rukun, Syarat, Persunahan dan Doanya

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm

Artinya: “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku,”

Ustadz Alhafiz mengemukakan doa di atas bisa ditemui di beberapa kitab. "Antara lain di buku Irsyadul Anam fi Tarjamati Arkanil Islam karya Sayid Utsman bin Yahya atau Tausyih ala Ibni Qasim karya Syekh M Nawawi bin Umar Banten," demikian Ustadz Alhafiz menjelaskan dalam tulisannya, dikutip NU Online, Rabu.

Selain doa tersebut, Ustadz Alhafiz juga menuliskan bahwa terdapat beberapa doa yang dianjurkan bila hewan kurban sudah benar-benar siap disembelih.

Dengan mengutip Syekh M Nawawi Banten dalam Tausyih ala Ibni Qasim, ia merinci doa yang dapat dibaca oleh penyembelih atau penjagal. Sebagaimana berikut ini secara berurutan:

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah