Keutamaan Hari Raya Idul Fitri dan Maknanya, Begini Penjelasannya

- 15 April 2023, 19:19 WIB
Ilustrasi- Orang sedang sholat, bacaan doa sholat tasbih, niat sholat sunnah 2 dan 4 rakaat, dengan tulisan Arab, latin, dan tata cara pelaksanaannya.
Ilustrasi- Orang sedang sholat, bacaan doa sholat tasbih, niat sholat sunnah 2 dan 4 rakaat, dengan tulisan Arab, latin, dan tata cara pelaksanaannya. /Unplash.com/@Rumman Amin

Literasi News- Hari Raya Idul Fitri adalah hari kemenangan bagi umat muslim, karena selama sebulan penuh umat Islam diwajibkan untuk berpuasa Ramadhan.

Puasa juga termasuk kedalam salah satu rukun Islam yang ke empat. Itu artinya umat muslim wajib menjalankan perintah puasa pada bulan suci Ramadhan.

Dilansir dari laman resmi NU. Keutamaan Hari Raya Idul Fitri Hari raya Idul Fitri tidak hanya sebuah momentum atas kemenangannya menahan diri dari makan dan minum serta menjauhi dari berbagai pekerjaan yang bisa mencederai pahala puasa.

Baca Juga: Bacaan Niat Zakat Fitrah Pada Bulan Ramadhan, Lengkap Beserta Arab dan Terjemahnya

Lebih dari itu, hari raya Idul Fitri merupakan suatu hari yang harus dibanggakan, karena pada hari tersebut Allah menjanjikan ampunan bagi orang-orang yang melaksanakan ibadah shalat hari raya Idul Fitri. Rasulullah Saw bersabda:

عَنْ ابنِ مَسْعُوْد عَنِ النَّبِي ﷺ أَنَّهُ قَالَ اِذَا صَامُوْا شَهْرَ رَمَضَانَ وَخَرَجُوْا اِلَى عِيْدِهِمْ يَقُوْلُ اللهُ تَعَالىَ: يَا مَلاَئِكَتِيْ كُلُّ عَامِلٍ يَطْلُبُ أَجْرَهُ وَعِبَادِيْ اللَّذِيْنَ صَامُوْا شَهْرَهُمْ وَخَرَجُوْا اِلَى عِيْدِهِمْ يَطْلُبُوْنَ أُجُوْرَهُمْ أَشْهِدُوْا أَنِّي قَدْ غَفَرْتُ لَهُمْ. فَيُنَادِي مُنَادٍ يَا أُمَّةَ مُحَمَّدٍ اِرْجِعُوْا اِلَى مَنَازِلِكُمْ قَدْ بَدَلْتُ سَيِّئَاتِكُمْ حَسَنَاتٍ. فَيَقُوْلُ اللهُ تَعَالَى: يَا عِبَادِيْ صُمْتُمْ لِيْ وَأَفْطَرْتُمْ لِيْ فَقُوْمُوْا مَغْفُوْرًا لَكُمْ.

Artinya:"Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud dari Nabi Muhammad Saw, bahwa Nabi bersabda: ketika umat Nabi melaksanakan puasa pada bulan Ramadhan dan mereka keluar untuk melaksanakan shalat Idul Fitri, maka Allah berfirman:

Baca Juga: 20 Ucapan Lebaran Lucu, Unik Penuh dan Makna, Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Cocok Untuk Story di Medsos

wahai Malaikatku, setiap yang telah bekerja akan mendapatkan upahnya. Dan hamba-hambaku yang telah melaksanakan puasa Ramadhan dan keluar rumah untuk melakukan shalat Idul Fitri, serta memohon upah (dari ibadah) mereka, maka saksikanlah bahwa sesungguhnya aku telah memaafkan mereka.

Kemudian ada yang berseru, wahai umat Muhammad, kembalilah ke rumah-rumah kalian, aku telah menggantikan keburukan kalian dengan kebaikan. Maka Allah swt berfirman: wahai hamba-hambaKu, kalian berpuasa untukku dan berbuka untukku, maka tegaklah kalian dengan mendapatkan ampunan-Ku terhadap kalian,"

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x