Hukum Melaksanakan Kewajiban Berpuasa Ramadhan Tapi Meninggalkan Sholat Wajib 5 Waktu

- 29 Maret 2023, 12:43 WIB
Hukum Melaksanakan Kewajiban Berpuasa Ramadhan Tapi Meninggalkan Sholat Wajib 5 Waktu.
Hukum Melaksanakan Kewajiban Berpuasa Ramadhan Tapi Meninggalkan Sholat Wajib 5 Waktu. /Freepik/rawpixel

Literasi News- Sholat termasuk rukun Islam yang ke dua, dan termasuk dalam kategori wajib bagi muslim laki-laki dan muslim perempuan.

 

Bahkan dalam hadits lain dikatakan, “Antara hamba (mukmin) dan kafir ialah meninggalkan shalat,” (HR Ibnu Majah). Maksudnya, meninggalkan shalat dapat menjadi perantara seorang untuk menjadi kafir.

Hadis di atas menunjukan betapa pentingnya mengerjakan shalat. Terlebih lagi, terdapat kesepakatan ulama (ijma’) bahwa shalat termasuk kewajiban yang tak bisa ditawar-tawar lagi.

Baca Juga: Bahaya Tidur Setelah Makan Sahur, Akibatkan Penyakit Perut Hingga Malas

Siapapun yang sudah memenuhi persyaratan, mesti mengerjakannya dalam keadaan apapun dan sesulit apapun. Selain puasa, terdapat kewajiban pokok lain yang hukumnya setara dengan shalat, seperti puasa, haji, dan zakat.

Dilansir dari literasinews.com dari laman resmi NU. Lalu bagaimana hukumnya mengerjakan puasa, tetapi tidak mengerjakan shalat? Apakah puasanya masih dihukumi sah mengingat shalat sebagai amalan utama dan pokok?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita mesti merinci terlebih dahulu atau paling tidak bertanya kepada orang yang tidak shalat tersebut, kira-kira apa alasannya meninggalkan shalat.

Apakah karena mengingkari kewajibannya atau lantaran malas. Sebab keduanya memiliki implikasi hukum yang berbeda-beda. Hasan Bin Ahmad al-Kaf dalam Taqriratus Sadidah fi Masail Mufidah menjelaskan:

Baca Juga: Manfaat Puasa Bagi Kesehatan, Dapat Mengatasi Diabetes Hingga Cara Diet Alami

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x