Prof Quraish Shihab Jelaskan Sebab Kisah dalam Al-Qur’an Tidak Menyebutkan Nama, Waktu, dan Tempat

- 27 Maret 2023, 20:40 WIB
Prof Quraish Shihab Jelaskan Sebab Kisah dalam Al-Qur’an Tidak Menyebutkan Nama, Waktu, dan Tempat.
Prof Quraish Shihab Jelaskan Sebab Kisah dalam Al-Qur’an Tidak Menyebutkan Nama, Waktu, dan Tempat. /angkapan Layar Instagram @srirezekibooks

Literasi News- Cendekiawan Muslim Indonesia, Prof Muhammad Quraish Shihab menyebutkan bahwa ada sebab-sebab mengapa kisah di dalam Al-Qur’an tidak menyebutkan nama, waktu dan tempat

Secara spesifik. Hal ini menjadi keunikan tersendiri dalam kisah-kisah yang disebutkan Al-Qur’an.

 

Menurutnya kisah-kisah di dalam Al-Qur’an tidak mencantumkan tahun kejadian. Selain itu juga tidak ada yang menyebutkan nama.

Baca Juga: Batalkah Pakai Obat Tetes Mata dan Telinga Saat Berpuasa Ramadhan?

Kalau pun ada penyebutan nama, maka itu adalah gelarnya seperti Fir’aun, Dzulkarnain. Sehingga hampir tidak disebutkan nama, waktu, tempat dan kejadiannya secara utuh.

“Hal ini agar tidak ada orang yang menduga bahwa kejadian itu karena seseorang, di tempat tertentu dan pada waktu tertentu.

Sehingga kisah di dalam Al-Qur’an yang tidak disebut tokohnya, tempatnya, dan lain-lain, masih dapat terulang lagi di kemudian hari.

Tapi jika disebut maka tidak akan terulang, seperti kisah Maryam melahirkan Isa,” tutur Prof Quraish dalam acara Shihab dan Shihab. Jumat, 24 Maret 2023).

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x