5 Keutamaan Shalat Jumat Bagi Umat Muslim, Mendapat Pahala Hingga Menghapus Dosa

- 3 Maret 2023, 14:44 WIB
Ilustrasi/5 Keutamaan Shalat Jumat Bagi Umat Muslim, Mendapat Pahala Hingga Menghapus Dosa.
Ilustrasi/5 Keutamaan Shalat Jumat Bagi Umat Muslim, Mendapat Pahala Hingga Menghapus Dosa. /UNSPLASH/Masjid Pogung Raya

Literasi News- Ibadah shalat Jumat merupakan salah satu shalat wajib bagi umat Muslim laki-laki serta disyariatkan oleh agama Islam.

Allah SWT telah memerintahkan kepada orang-orang mukmin untuk berkumpul mengerjakan ibadah kepada-Nya di hari Jumat.

Ibnu Katsir menerangkan, sesungguhnya hari Jumat dinamakan Jumuah karena berakar dari kata al-jam'u, mengingat kaum muslim melakukan perkumpulan untuk setiap tujuh harinya sebanyak sekali di dalam masjid-masjid yang besar yakni melaksanakan shalat Jumat.

Baca Juga: Muhasabah Pagi: Kewajiban Seorang Suami, Mana yang Harus Didahulukan Istri atau Orang Tua

Adapun dalil yang disyariatkannya shalat Jumat telah termaktub dalam Al-Qu'ran, Surat Al Jumuah ayat 9-10, yang artinya

"Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu untuk mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila sholat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung." (QS. Al Jumuah Ayat 9-10).

Kemudian, di hari Jumat semua makhluk telah sempurna diciptakan, dan sesungguhnya hari Jumat itu merupakan hari keenam dari tahun yang Allah menciptakan padanya langit dan bumi.

Baca Juga: Kumpulan Quote Gus Mus 'Tweet Jumat' yang Dibagikan di Twitter

Pada hari Jumat Allah menciptakan Adam, pada hari Jumat Adam dimasukkan ke dalam surga, pada hari Jumat Adam dikeluarkan dari surga, dan pada hari Jumat pula hari kiamat terjadi.

Pada hari Jumat terdapat suatu saat yang tiada seorang hamba pun yang beriman dapat menjumpainya, sedangkan ia dalam keadaan memohon kebaikan kepada Allah di dalamnya, melainkan Allah akan mengabulkan apa yang dimintanya.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x