Keutamaan dan Amalan Hari Tasyrik Idul Adha yang Jatuh pada Tanggal 11-13 Juli 2022

- 11 Juli 2022, 09:10 WIB
Keutamaan dan Amalan Hari Tasyrik Idul Adha yang Jatuh pada Tanggal 11-13 Juli 2022.
Keutamaan dan Amalan Hari Tasyrik Idul Adha yang Jatuh pada Tanggal 11-13 Juli 2022. /Pixabay

Literasi News - Hari tasyrik begitu familiar di telinga umat Islam. Hari tasyrik juga berlaku setelah perayaan Idul Adha.

Makna dari hari tasyrik disini adalah hari terlarang bagi umat Islam untuk berpuasa. Di hari tersebut, umat Islam diperintahkan untuk makan, minum, dan mensyukuri nikmat yang Allah SWT berikan.

Hari tasyrik jatuh pada tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah atau lebih tepatnya tiga hari setelah hari raya Idul Adha.

Baca Juga: Jadwal Acara SCTV Hari Ini Senin 11 Juli 2022: Cek Jam Tayang Garis Cinta, Roda roda Gila, Cinta Setelah Cinta

Setelah perayaan hari raya Idul Adha pada 10 Dzulhijjah, kita akan memasuki hari tasyrik.

Di tahun 2022 ini, hari tasyrik jatuh pada tanggal 11-13 Juli 2022, dimana hari raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Juli 2022 berdasarkan sidang isbat Kemenag pada 29 Juni lalu.

Rasulullah SAW bersabda yang diabadikan di dalam hadist HR Muslim mengenai hari tasyrik setelah Idul Adha sebagai berikut:

Baca Juga: PKB Sebar Hewan Kurban di Subang, Gus Muhaimin: Tingkatkan Solidaritas Sosial

“Dari Nubaisyah Al-Hudzali, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, Hari tasyrik adalah hari makan, minum (pada riwayat lain), dan hari dzikir,’” (HR Muslim).

Meski pada saat perayaan hari tasyrik umat Islam tidak boleh berpuasa dengan tetap makan dan minum untuk mensyukuri nikmat Allah SWT, mereka juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dengan berzikir di hari tersebut.

Halaman:

Editor: Yuanitasari ciptadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah