Keutamaan Nisfu Syaban dan Amalan di Dalamnya

- 3 Maret 2023, 09:51 WIB
Ilustrasi Keutamaan Nisfu Syaban dan Amalan di Dalamnya.
Ilustrasi Keutamaan Nisfu Syaban dan Amalan di Dalamnya. /Mohamed Hassan/Pixabay

Literasi News - Salah satu keistimewaan bulan Syaban adalah adanya malam Nisfu Syaban yang merupakan malam termulia setelah malam Lailatul-Qadar.

Sebagian ulama mengatakan bahwa kemuliaan bulan Rajab terletak pada 10 awalnya, bulan Syaban terletak pada 10 yang kedua dan bulan Ramadhan terletak pada 10 yang terakhir.

Kelompok yang pertama sekali membesarkan malam Nisfu Syaban dengan rutinitas ibadah yang lebih banyak dibandingkan dengan malam-malam sebelumnya adalah para tabi'in dari Negeri Syam. Seperti Imam Khalid bin Ma'dan, Imam Makhul, Imam Luqman bin 'Amir dan lainnya.

Baca Juga: Jadwal Acara NET TV Hari Ini Jumat 3 Maret 2023: Jam Tayang Drakor High Society, SKY Castle, ONE Friday Fights

Sebagian dari mereka menghidupkan malam Nisfu Syaban dengan berjamaah di mesjid dengan memakai pakaian yang bagus. Ketika hal ini menyebar, para ulama berbeda pendapat dalam menanggapinya.

Sebagian ulama menerimanya seperti ulama Negeri Bashrah dan lainnya, sedangkan sebagian ulama Mekkah seperti Imam 'Atha dan Imam Ibnu Abi Malikah serta Fuqaha Madinah mengingkarinya. Imam Ishaq Rahawaih berpendapat bahwa hal tersebut bukanlah bid'ah sedangkan Imam Auza'i menganggap makruh menghidupkannya secara berjamaah tetapi tidak makruh secara sendiri.

Malam Nisfu Syaban dapat dikategorikan sebagai salah satu malam yang baik untuk beribadah dan berdoa, dikarenakan keumuman dalil dimana setiap malam ada satu saat yang mustajabah doa. Rasulullah SAW bersabda :

Baca Juga: Muhasabah Pagi: Kewajiban Seorang Suami, Mana yang Harus Didahulukan Istri atau Orang Tua

عَنْ جَابِرٍ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ فِي اللَّيْلِ لَسَاعَةً لَا يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ خَيْرًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

Halaman:

Editor: Yuanitasari Ciptadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x