5 Jenis Tanaman Obat dan Khasiat untuk Kesehatan, Biasanya Ada di Dapur Sebagai Bumbu Masak

- 11 September 2022, 19:44 WIB
Minuman susu jahe madu, nikmat dan menghangatkan. Ada 5 Jenis Tanaman Obat dan Khasiat untuk Kesehatan, Biasanya Ada di Dapur Sebagai Bumbu Masak
Minuman susu jahe madu, nikmat dan menghangatkan. Ada 5 Jenis Tanaman Obat dan Khasiat untuk Kesehatan, Biasanya Ada di Dapur Sebagai Bumbu Masak /Instagram.com/@dapyrchu

Literasi News - Ada 5 jenis tanaman obat yang termasuk bumbu masak sehari hari, sehingga biasanya selalu ada di dapur, tetapi memiliki khasiat untuk kesehatan.

Yuk kita kenali ke 5 jenis tanaman obat (bumbu masak) yang bermanfaat untuk kesehatan, dilansir Literasinews dari berbagai sumber. Simak selengkapnya :

1. Kunyit
Kunyit merupakan tanaman obat asal India ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Rempah berwarna orange ini dipercaya memiliki sifat antikanker dan dapat mencegah mutasi DNA.

Baca Juga: Empat Bersaudara di Cianjur Berjuang Hidup di Rumah Tidak Layak Huni

Selain itu, kunyit juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat digunakan sebagai bahan baku obat topikal untuk penderita radang sendi.

Tak hanya sebagai obat, kunyit juga digunakan sebagai bahan masakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Menurut penelitian terbaru, kunyit menjanjikan sebagai pengobatan untuk berbagai penyakit kulit dan radang sendi sendi.

2. Jahe
Jahe merupakan bahan masakan yang sangat populer. Tak hanya itu, tanaman obat yang satu ini juga telah digunakan selama ribuan tahun untuk pengobatan, terutama oleh masyarakat Asia, Arab, dan India.

Baca Juga: Festival Indonesia Bertutur : Narasi 20 Cagar Budaya, Ruwatan Bumi & Doa Masyarakat Adat Indonesia untuk Dunia

Kandungan senyawa dalam jahe dipercaya dapat mengatasi gangguan pencernaan. Selain itu, sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang ada di dalam jahe dapat mengurangi penurunan kognitif terkait usia.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x