5 Hal ini Bisa Menghilangkan Pahala Puasa Ramadhan, Mulai dari Berbohong, Ghibah hingga Adu Domba

- 4 April 2022, 14:38 WIB
Ilustrasi seseorang yang berbohong
Ilustrasi seseorang yang berbohong /pixabay

Literasi News - Puasa Ramadhan bukan hanya menahan diri dari makan dan minum melainkan harus menjaga juga segala perbuatan yang bisa menghilangkan pahala Puasa Ramadhan atau membatalkan Puasa Ramadhan .

Setidaknya ada beberapa perilaku yang harus dihindari dalam menjalankan ibadah Puasa Ramadhan agar nilai pahala puasa kita tidak berkurang atau malah hilang, berikut diantaranya:

Baca Juga: Siapkan SDM Literasi Digital, Kemendikbudristek Gandeng Kominfo, Ini Tujuannya

1. Berdusta
Berdusta atau berbohong yaitu mengatakan yang tidak benar atau menyesatkan merupakan perilaku yang sangat tidak disukai Allah SWT.

Meskipun berbohong tidak membatalkan puasa, akan tetapi sifat tercela ini tetap harus dihindari karena akan merusak atau menghilangkan pahala Puasa Ramadhan.
Rosulullah bersabda:

مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ فِى أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ

“Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan zuur (Dusta) malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan.” (HR. Bukhari)

Allah SWT tidak menilai puasa orang yang berbohong. meskipun telah berusaha menahan haus dan lapar seharian penuh, puasanya seolah sia-sia di mata Allah SWT.

Baca Juga: Persija Jakarta Resmi Rekrut Firza Andika dan Hanif Sjahbandi, Ini Harapan Mereka

2. Ghibah
Ghibah merupakan perbuatan menggunjing atau membicarakan keburukan orang lain. Dalam Al-Qur'an ghibah diibaratkan seperti orang yang memakan bangkai saudaranya.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x