Adab Puasa Ramadhan dan Puasa Sunnah Lainnya, Berikut Pengertiannya

- 4 April 2022, 14:35 WIB
Ilustrasi puasa. Adab Puasa Ramadhan dan Puasa Sunnah Lainnya, Berikut Pengertiannya
Ilustrasi puasa. Adab Puasa Ramadhan dan Puasa Sunnah Lainnya, Berikut Pengertiannya /Freepik/8photo

Literasi News - Puasa Ramadhan adalah merupakan salah satu kewajiban kita sebagai umat Muslim yang telah di atur dalam Al-Qur'an.

Ibadah puasa merupakan ibadah yang sangat mulia. Suatu ibadah yang memiliki kedudukan dan keutamaan tersendiri di sisi Allah SWT.

Allah SWT, telah menyiapkan pahala yang besar bagi orang-orang yang menjalankannya dengan ikhlas dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Untuk itulah kita juga perlu mengetahui akan adab-adab berpuasa itu sendiri.

Baca Juga: Siapkan SDM Literasi Digital, Kemendikbudristek Gandeng Kominfo, Ini Tujuannya

Berikut beberapa hal yang berhubungan dengan adab berpuasa pada bulan Ramadhan dan puasa sunnah lainnya:

1. Berpuasa Dengan Penuh Keimanan

Menjalankan kewajiban dan sunnah sunnah puasa dengan baik dan niat ikhlas karena Allah Ta'ala. Bahwasanya wajib bagi seorang muslim untuk berpuasa dengan penuh keimanan dan mengharap pahala kepada Allah semata.

2. Menyambut Ramadhan Dengan Kegembiraan

Menyambut bulan Ramadhan dengan bangga, gembira, dan bahagia. Karena bulan Ramadhan termasuk karunia Allah dan rahmat-Nya kepada umat manusia.

Bentuk ketaatan dalam menjalankan ibadah puasa khususnya dalam ramadhan ini adalah dengan cara memuji Allah yang telah menyampaikannya kepada bulan Ramadhan, Meminta pertolongan kepada Allah agar Dia membantunya dalam pelaksanaan ibadah puasa, dan mempersembahkan amal-amal shalih dalam bulan Ramadhan.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x