Muhasabah Pagi: Lakukan Profesi Apapun Sesuai Kemampuan Masing-masing. Pekerjaan Itu Amanah

- 4 Juni 2021, 07:31 WIB
Muhasabah Pagi: Lakukan Profesi Apapun Sesuai Kemampuan Masing-masing. Pekerjaan Itu Amanah
Muhasabah Pagi: Lakukan Profesi Apapun Sesuai Kemampuan Masing-masing. Pekerjaan Itu Amanah /Hasbi NR/Literasi News

Literasi News - Allah SWT berfirman:

قُلْ يٰقَوْمِ اعْمَلُوا عَلٰى مَكَانَتِكُمْ إِنِّى عَامِلٌ  ۖ فَسَوْفَ تَعْلَمُونَ مَنْ تَكُونُ لَهُۥ عٰقِبَةُ الدَّارِ  ۗ إِنَّهُۥ لَا يُفْلِحُ الظّٰلِمُونَ

Katakanlah (Muhammad): "Wahai kaumku! Berbuatlah menurut kedudukanmu, aku pun berbuat (demikian). Kelak kamu akan mengetahui, siapa yang akan memperoleh tempat (terbaik) di akhirat (nanti). Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu tidak akan beruntung."
(QS. Al-An'am [6]: Ayat 135)

Salah satu point penting dalam ayat di atas, Allah SWT mengajarkan agar manusia mengerjakan sesuai dengan kedudukan atau profesinya masing-masing, bekerja sesuai kepakaran dan kualitas seseorang dalam menjalankan tugasnya, atau sering disebut dengan istilah profesionalisme.

Baca Juga: Jadwal Acara Indosiar Hari Ini, Jumat 4 Juni 2021, Nanti Malam LIDA 2021 Top 12 Grup 1 Konser Show

Setiap manusia lahir dengan memiliki pembawaan serta keadaan yang tentunya berbeda dengan orang lain. Masing-masing memiliki potensi, dengannya ia dapat melakukan pekerjaan dengan potensi yang dia miliki. (lihat dalam al Isra [17]: 84).

Dalam Islam pekerjaan bukanlah suatu prestasi melainkan amanah yang harus ditunaikan sesuai dengan keilmuannya, sehingga capaian keberhasilannya dapat terukur.

Sebaliknya Islam melarang memberikan suatu amanah pekerjaan kepada seseorang yang tidak memilki kepakaran dalam bidangnya, karena itu yang akan menyebabkan kehancuran. Hal ini disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya:

Baca Juga: Lowongan Kerja Nestle Indonesia, Batas Akhir 20 Juni 2021

 إذا وُسِّدَ الْأَمْرُ إِلَى غَيْرِ أَهْلِهِ فَانْتَظِرْ السَّاعَةَ

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x