Muhasabah Pagi : Bulan Ramadan Seakan Mengembalikan Lagi Nilai-nilai Kemanusiaan

- 14 April 2021, 06:32 WIB
Muhasabah Pagi : Bulan Ramadan Seakan Mengembalikan Lagi Nilai-nilai Kemanusiaan
Muhasabah Pagi : Bulan Ramadan Seakan Mengembalikan Lagi Nilai-nilai Kemanusiaan /Hasbi NR/Literasi News

Literasi News - Bulan Ramadan merupakan bulan yang menyadarkan kita bahwa kita adalah hamba Allah SWT. Apabila sebelumnya kita sering disibukkan oleh kehidupan duniawi dan tidak sedikit yang diperbudak oleh materi, namun pada bulan ini hampir semua masjid di lingkungan kita menjadi sesak.

Setiap orang kini berlomba-lomba ingin menunaikan sholat di masjid. Ramainya majelis tadarus di setiap surau atau masjid yang sebelum Ramadan sepi dari kegiatan ini. Bahkan tidak sedikit pada bulan ini program-program sosial secara pribadi maupun lembaga dilakukan untuk membantu saudara-saudara yang tidak mampu.

Bulan Ramadan seakan mengembalikan kembali nilai-nilai kemanusiaan sebenarnya sebagai hamba Allah SWT, yang sebelumnya nilai-nilai kemanusiaan ini nyaris hilang dan terlupakan.

Baca Juga: PSG dan Chelsea Telan Kekalahan Di Putaran Kedua, Tetapi Keduanya Lolos ke Semi Final Liga Champion

Bulan Ramadan pun mengingatkan manusia bahwa kenikmatan sebenarnya sebagai manusia adalah ketika mereka kembali menjadi hamba-Nya.

Merasakan nikmatnya beribadah, nikmat bertadarus, merasa empati dan peduli kepada sesama, serta hati merasa tenang dan tentram, ini semua sering dirasakan pada Bulan yang Mulia ini saat hati disibukkan beribadah kepada-Nya.

Inilah salah satu jamuan Allah SWT bagi hamba-Nya pada Bulan yang Mulia ini. Setiap orang yang beriman akan selalu merasakan nikmat jamuan Allah SWT pada Bulan Ramadan yang penuh rahmat dan maghfirah ini.

Baca Juga: BMKG Hari ini, 14 April 2021. Waspada Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang di Jawa Barat

Selamat menikmati jamuan Allah SWT. Semoga Bulan Ramadan tahun ini menjadi saat terbaik kita untuk beribadah kepada-Nya, karena boleh jadi Ramadlan tahun ini adalah Bulan Ramadan terakhir untuk kita. Semoga bermanfaat.***
(H. Asep Dadan Wildan, M.A)

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X