Kodim 0608/Cianjur Tanam Ratusan Ribu Bibit Pohon Kopi

- 16 Oktober 2020, 17:31 WIB
Tanam Ratusan Ribu Bibit Pohon Kopi
Tanam Ratusan Ribu Bibit Pohon Kopi /Literasi News/Angga

Literasi News - Ratusan ribu bibit pohon kopi di Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Jumat 16 Oktober 2020. Penanaman bibit pohon itu merupakan kerja bareng Komando Distrik Militer (Kodim) 0608/Cianjur dengan sebuah perusahaan perkebunan ternama di wilayah itu.

Dandim 0608/Cianjur, Letkol Kav Ricky Arinuryadi, mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari program Kodim 0608/Cianjur dalam membantu perekonomian masyarakat penggarap.

"Tak hanya bibit pohon kopi, kami juga memberikan bantuan pupuk. Kami ingin masyarakat penggarap dapat bertahan secara ekonomi di tengah pandemi Covid-19, jadi kami berikan mereka bantuan bibit dan pupuknya," kata Ricky, kepada wartawan, Jumat.

Baca Juga: Hari Pangan Sedunia, Menteri Pertanian Ajak Jajarannya Jadi Pahlawan Makanan bagi Rakyat

Ricky menyebutkan, sebanyak 200 ribu bibit kopi itu diberikan dan di tanam masyarakat penggarap yang ada di Desa Batulawang. "Masyarakat penggarap menanam bibit kopi itu dengan sistem tumpang sari dengan tanaman holtikultura yang bisa membantu memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari," jelasnya.

Ricky menuturkan, masyarakat penggarap di wilayah itu memanfaatkan lahan hak guna usaha (HGU) salah satu perusahaan perkebunan setempat.

"Diharapkan dengan adanya keterlibatan masyarakat dalam penggarapan lahan dapat menghindari terjadinya penyerobotan lahan dan paling utama mampu memberdayakan masyarakat menjadi lebih produktif," ujarnya.

Baca Juga: 4 Cara Cek KTP Online, Tak Perlu ke Kantor Disdukcapil

Selain bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat penggarap, sambung Ricky, penanam bibit kopi juga sebagai upaya antisipasi bencana.

"Pohon kopi merupakan tanaman konservasi yang berfungsi juga untuk menahan erosi dan longsor. Apalagi wilayah Cianjur utara menjadi salah satu wilayah di Cianjur yang rawan bencana, terutama longsor," tandasnya.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x