Indonesia Jadi Pusat Penggunaan Produk Dalam Negeri Terbesar, Kalahkan Amerika Serikat

- 21 Februari 2023, 10:10 WIB
Ilustrasi UMKM. Indonesia Jadi Pusat Penggunaan Produk Dalam Negeri Terbesar, Kalahkan Amerika Serikat.
Ilustrasi UMKM. Indonesia Jadi Pusat Penggunaan Produk Dalam Negeri Terbesar, Kalahkan Amerika Serikat. /Muhammad Adimaja/ ANTARA FOTO

Literasi News -  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menargetkan sebanyak 30 juta UMKM atau artisan onboarding di toko daring atau market place, melalui Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia.

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia merupakan suatu gerakan nasional untuk mendukung produk dalam negeri. Hal ini digagas langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan diluncurkan pada 14 Mei 2020.

UMKM memiliki kontribusi besar dalam menciptakan lapangan pekerjaan, dan turut membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Baca Juga: Bisa Charger di Motor! Ini Fitur New Honda BeAT 2023 yang Makin Canggih, Tapi Tetap Irit Bahan Bakar

Gernas Bangga Buatan Indonesia hari ini berhasil menjadikan Indonesia sebagai trendsetter penggunaan produk dalam negeri mengalahkan Amerika Serikat.

Presiden Jokowi dalam sambutannya pada acara Pelantikan BPP HIPMI 2022-2025 di Jakarta, Senin, 20 Februari 2023 mengatakan Indonesia sekarang menjadi negara pencipta tren atau trendsetter dalam hal penggunaan produk dalam negeri.

"Amerika baru saja memberlakukan di bulan Januari 2023 yang lalu untuk penggunaan produk dalam negeri, dan kita sudah satu tahun di depan sudah melakukan, sehingga kita ini sekarang jadi trendsetter bukan jadi follower," ucap Jokowi dilansir Literasinews dari Antara.

Baca Juga: Sporty dan Stylish, New Honda Scoopy 2023 Menjadi Idola Anak Muda, Berapa Harganya?

Tentunya, ini adalah kesempatan bagus untuk para pelaku UMKM dan pengusaha di Indonesia untuk mengembangkan bisnis mereka.

Dengan pencapaian ini, pelaku UMKM tidak perlu lagi takut bersaing dengan produk impor. Sebab secara kualitas, produk UMKM Indonesia hari ini tak kalah bagus dari produk luar negeri.***

Editor: Abdul Rokib

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x