Pentingnya Teknik Penyimpanan Cabai Segar, Minimalkan Losses Sekaligus Atur Distribusi

- 17 Maret 2021, 20:30 WIB
Teknik penyimpanan cabai segar sangat penting, selain meminimalkan losses sekaligus juga bisa mengatur distribusi
Teknik penyimpanan cabai segar sangat penting, selain meminimalkan losses sekaligus juga bisa mengatur distribusi /BB Pascapanen

Literasi News - Teknik penyimpanan cabai segar yang benar dinilai semakin penting untuk dilakukan. Hal tersebut perlu diterapkan, untuk meminimalkan tingkat kehilangan (losses) sekaligus mengatur distribusi.

Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian (BB Pascapanen) Badan Litbang Pertanian, Prayudi Samsuri mengatakan, hingga saat ini rata-rata tingkat kehilangan (losses) cabai dari panen di tingkat petani hingga ke tangan konsumen cukup tinggi antara 25-30 persen.

Tingkat kehilangan ini salah satunya disebabkan oleh teknik penyimpanan yang tidak tepat. “Penanganan pascapanen yang tak kalah penting adalah pengolahan cabai. Konsumen Indonesia tidak bisa dipisahkan dari cabai, tapi preferensi konsumen Indonesia masih menyukai cabai segar,” ucapnya.

Hal itu, lanjutnya, menjadi tantangan untuk mengenalkan olahan cabai yang bisa dinikmati tanpa mengurangi rasa cabai yang ada. Diperlukan solusi untuk menghasilkan olahan cabai yang masih sama atau sedikit berbeda dengan cabai segar.

Melihat hal tersebut, Kementerian Pertanian mulai mengedepankan riset pascapanen agar bisa mendongkrak nilai tambah komoditas pertanian dan mendukung kenaikan kinerja ekspor.

Selain melakukan riset terkait penciptaan varietas unggul dengan angka produktivitas tinggi yang memerlukan waktu lama, yaitu sekitar 3-5 tahun untuk tanaman pangan. Sedangkan untuk komoditas hortikultura seperti buah-buahan diperlukan waktu hingga 12 tahun.

Riset pihak terkait juga akan lebih banyak ke hilir untuk meningkatkan nilai tambah produk kita yang bisa diekspor, bukan sekedar bahan mentah saja.***
(Shofira Hanan)

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x