Gelombang 12 Dibuka, Pemerintah Siapkan Rp10 Triliun untuk Program Kartu Prakerja Semester I Tahun 2021

- 23 Februari 2021, 22:37 WIB
Pemerintah menyiapkan anggaran Rp10 Triliun untuk melanjutka Program Kartu Prakerja Semester I Tahun 2021, ditandai dengan dibukanya gelombang 12
Pemerintah menyiapkan anggaran Rp10 Triliun untuk melanjutka Program Kartu Prakerja Semester I Tahun 2021, ditandai dengan dibukanya gelombang 12 /Dok. Setkab RI/Setkab RI

Literasi News - Pemerintah melanjutkan Program Kartu Prakerja di tahun 2021. Hal itu ditandai dengan dibukanya Gelombang 12 secara resmi oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto hari ini. Untuk Semester I tahun 2021, pemerintah menyiapkan total anggaran sebesar Rp10 triliun.

“Program Kartu Prakerja merupakan bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sektor perlindungan sosial. Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan program ini, mengambil berbagai pelatihan keterampilan kerja dan kewirausahaan yang dapat menjadi bekal hidup selama dan pasca pandemi,” katanya.

Airlangga selaku Ketua Komite Cipta Kerja mengatakan bahwa Program Kartu Prakerja berhasil menjalankan mandatnya sebagai program pengembangan kompetensi kerja sekaligus sebagai program perlindungan sosial di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kenang Spirit Ibunda Presiden Jokowi, Pesantren Al-Mizan dan Tatalogam Grup Bangun Aula Hj. Sudjiatmi Notomiha

Pendaftaran Program Kartu Prakerja terbuka bagi semua WNI berusia 18 tahun ke atas, baik pencari kerja, lulusan baru, korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), karyawan maupun pelaku wirausaha, asalkan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Dikutip Literasinews dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, Airlangga juga mengapresiasi Program Kartu Prakerja sebagai pelopor reformasi layanan publik yang menggunakan teknologi digital end-to-end.

“Penggunaan teknologi digital memungkinkan program ini diakses oleh masyarakat di 514 kabupaten dan kota dalam waktu cepat. Selain itu, seluruh proses transfer dana dan transaksi pembelian pelatihan menjadi lebih transparan dan akuntabel,” jelasnya.

Baca Juga: Lulus SMA Ingin Kuliah? Daftar Dulu KIP Kuliah di Link Ini Biar Gratis Pendaftaran dan Dapat Uang Bulanan

Keberhasilan Program Kartu Prakerja telah divalidasi oleh Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2020, di mana 88,9 persen penerima Kartu Prakerja menyatakan bahwa keterampilan mereka meningkat.

Selain itu 81,2 persen penerima Kartu Prakerja menyatakan bahwa dana insentif pasca pelatihan digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari yang sesuai dengan penugasan sebagai program perlindungan sosial selama masa pandemi.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x