Astagfirullah, Lebih Dari 1Juta Orang Diduga Telah Tertipu Situs Kartu Prakerja Palsu

- 21 Januari 2021, 10:20 WIB
Jumlah pendaftar pada salah satu situs Kartu Prakerja yang diduga palsu tersebut terus bertambah setiap detik. Hal ini dikhawatirkan merupakan salah satu modus yang dijalankan untuk mempengaruhi ketertarikan orang-orang agar terjebak dalam modus yang dijalankan.
Jumlah pendaftar pada salah satu situs Kartu Prakerja yang diduga palsu tersebut terus bertambah setiap detik. Hal ini dikhawatirkan merupakan salah satu modus yang dijalankan untuk mempengaruhi ketertarikan orang-orang agar terjebak dalam modus yang dijalankan. /https://dashboard.prakerja2021.info/?ref=0 /

Literasi News – Sampai pukul 09.53 WIB hari ini, Kamis 21 Januari 2021, salah satu situs Kartu Prakerja yang dapat dipastikan merupakan situs prakerja palsu yakni https://dashboard.prakerja2021.info/?ref=0 mengklaim, sebanyak 1.139.949 orang telah mendaftar untuk registrasi Kartu Prakerja gelombang 12.

Belum dapat dipastikan apakah angka tersebut benar-benar jumlah pendaftar sebenarnya atau hanya sebagai pancingan saja yang sengaja dibuat untuk memudahkan penipuan yang dijalankannya.

Padahal pemerintah sejak awal telah menegaskan bahwa sumber informasi sekaligus kanal pendaftaran program Kartu Prakerja yang resmi hanyalah melalui situs www.prakerja.go.id.

Baca Juga: Muhasabah Pagi: Jangan Terlena Keindahan Dunia

Untuk diketahui, domain go.id merujuk pada pengertian Goverment in Indonesia atau Pemerintah Indonesia. Domain ini merupakan domain untuk situs resmi milik semua lembaga pemerintahan Indonesia dari tingkat pusat sampai daerah, termasuk www.prakerja.go.id.

Sedangkan pada situs Kartu Prakerja palsu di atas, domain yang digunakan yaitu .info. Jelaslah domain ini bukanlah milik pemerintah.

Pemerintah pun sejak awal meminta masyarakat untuk berhati-hati jangan sampai dibodohi modus penipuan situs-situs palsu Kartu Prakerja, yang biasanya diviralkan melalui akun chat WhatsApp.

Baca Juga: Juventus Juara Piala Super Italia, Taklukkan Napoli Dua Gol Tanpa Balas

Hal ini ditegaskan pemerintah melalui akun Instagram program Kartu Prakerja yang resmi dan sudah terverifikasi @prakerja.go.id.

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan

Sumber: IG @prakerja.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x