Akses Jalan Tertutup Longsor, 447 Keluarga Terisolasi

- 4 Oktober 2020, 04:01 WIB
Foto ilustrasi: Banjir Bandang dan longsor melanda beberapa desa di empat kecamatan Kabupaten Cianjur termasuk kecamatan Leles.
Foto ilustrasi: Banjir Bandang dan longsor melanda beberapa desa di empat kecamatan Kabupaten Cianjur termasuk kecamatan Leles. /Foto Dok. Literasi/Angga
Literasi News - Sebanyak 477 keluarga di Desa Sukasirna, Kecamatan Leles, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat terisolasi setelah bencana banjir bandang dan tanah longsor menerjang wilayah itu, Sabtu (3/10/2020).
 
Selain menyebabkan ratusan keluarga terisolasi, bencana itu juga mengakibatkan enam jembatan rusak. Kemudian ada sepuluh hektare lahan pertanian dan perkebunan rusak diterjang banjir.
 
Kepala Desa Sukasirna Kecamatan Leles, Habib Latif, mengatakan longsor yang melanda daerahnya terjadi di tiga titik. Lokasinya berada di jalan masuk sehingga mengakibatkan sebanyak 477 keluarga terisolasi, aktifitas ekonomi warga menjadi terhenti.
 
 
Habib menyebutkan, akibat bencana yang melanda daerahnya menyebabkan kerugian dialami warga yang ditaksir mencapai Rp 480 juta.
 
"Hari ini jalan masuk ke pemukiman warga tertutup longsor jadi lumpuh dan terisolasi. Kami masih menunggu alat berat untuk menyingkirkan material longsoran tanah," ujar Habib.
 
Habib mengungkapkan, jajarannya sudah mengimbau masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan guna mengantisipasi terjadinya banjir susulan. 
 
 
"Untuk kewaspadaan dan antisipasi kemungkinan yang tak diinginkan kami telah mengevakuasi keluarga yang rumahnya sudah bergeser karena longsor," katanya.
 
Habib mengatakan, ia menyiagakan personel di balai desa dan meningkatkan kewaspadaan. "Hujan masih mengguyur deras, kami imbau warga untuk tetap meningkatkan kewaspadaan," katanya.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x