Bocah 15 Tahun Tewas di Ring Porprov Jatim, Komisi X : Bukti Lemahnya Perlindungan Atlet

- 14 September 2023, 15:37 WIB
Bocah 15 Tahun Tewas di Ring Porprov Jatim, Komisi X : Bukti Lemahnya Perlindungan Atlet.
Bocah 15 Tahun Tewas di Ring Porprov Jatim, Komisi X : Bukti Lemahnya Perlindungan Atlet. /

Literasi News – Kasus tewasnya Farhat Mika Rahel Riyanto, 15, atlet tinju Bondowoso saat berlaga dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur 2023 memicu keprihatinan banyak kalangan. Kasus ini kembali menjadi bukti betapa lemahnya perlindungan atlet di tanah air.

"Kami sangat prihatin dengan meninggalnya anak Farhat saat berlaga dalam ajang Porprov Jatim. Kasus ini menjadi bukti betapa lemahnya standar operational procedure (SOP) bagi perlindungan dan keselamatan atlet baik sebelum, saat, maupun sesudah pertandingan," ujar Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, Kamis (14/9/2023).

Untuk diketahui Farhat dinyatakan meninggal usai mengalami pendarahan kepala saat bertanding melawan atlet tinju dari Blitar, Senin (11/9/2023) di Kompleks Universitas Darul Ulum Jombang. Farhat sempat mendapatkan pertolongan pertama berupa pemberian oksigen. Namun karena tak kunjung sadar akhirnya Farhat dilarikan ke Rumah Sakit, namun dinyatakan meninggal pada Selasa dini hari.

Baca Juga: Kompetisi iGeo 2023 Bandung: Ketua Komisi X Syaiful Huda Doakan Delegasi Indonesia Raih Hasil Terbaik

Huda mengungkapkan kasus meninggalnya Farhat menambah panjang deretan atlet tanah air yang meninggal saat mengalami kecelakaan di tengah pertandingan. Dari lapangan sepak bola misalnya ada nama Choirul Huda kiper Persela Lamongan, Taufik Ramsyah kiper Tornado FC Pekan Baru, Jumadi Abdi bek Pupuk Kaltim Bontang, Eri Erianto gelangan Persebaya Surabaya, dan Akli Fairus punggawa Persiraja Banda Aceh.

"Deretan atlet tinju juga tak kalah panjang seperti Muhammad Alfarizi, Donny Maramis, Johanes Fransiskus, Mula Sinaga, Jonnatan Mosse, Jack Ryan, Hendri Bira, Fadly Kasim, Anis Dwi Mulya, Muhammad Fahrizal, Tubagus Setia Sakti, hingga Hero Tito," urainya.

Baca Juga: Hasil Survei Pilgub Jabar: Syaiful Huda Ranking 1, Disusul Ono Surono dan Dedi Mulyadi

Huda menilai kerap jatuhnya korban dari kalangan atlet saat bertanding menjadi indikator ada yang salah dalam pengelolaan pertandingan olah raga di tanah air. Harusnya tidak boleh ada kematian pelaku olah raga di tanah air karena ketidaksiapan atau kesalahan prosedur yang dilakukan oleh penyelenggara pertandingan.

"Segala insiden harusnya bisa diantisipasi jika panitia pertandingan mempunyai SOP jelas yang ditunjang dengan sumber daya manusia mumpuni. Kita bisa melihat kasus Christian Ericksen pesepakbola Denmark yang kolaps di lapangan namun bisa terselamatkan karena kesigapan perangkat pertandingan," katanya.

Baca Juga: Daftar Tim yang Lolos dan Pembagian Pot Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia dan Malaysia di Pot 4

Halaman:

Editor: Yuanitasari Ciptadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x