BBM Pertalite Akan di Hapus Tahun Depan, Simak Penjelasannya!

- 31 Agustus 2023, 15:11 WIB
LBBM Pertalite Akan di Hapus Tahun Depan, Simak Penjelasannya!
LBBM Pertalite Akan di Hapus Tahun Depan, Simak Penjelasannya! /Foto: mypertamina.id

Literasi News- Pertamina berencana menghapus (BBM) Pertalite dan menggantinya dengan Pertamax Green 92. Lantas berapa harga Pertamax Green 92 jika menggantikan Pertalite?

PT Pertamina (Persero) akan terus melanjutkan. Pada program Langit Biru tahap pertama, BBM subsidi mengalami naik dari RON 88 menjadi RON 90. Dan itu artinya Pertalite akan dihapus.

Direktur Utama PT Pertamina Nicke mengatakan harga Pertamax Green 92 diperkirakan akan masuk kategori Jenis BBM Tertentu (JBT) atau BBM bersubsidi dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP).

Baca Juga: Sebanyak 1.085 Warga Mengungsi Akibat Kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Ini Sebaran Lokasinya

Nicke menjelaskan rencana tersebut bagian dari Program Langit Biru tahap kedua. Menurutnya, kualitas Pertamax Green 92 lebih baik dibanding Pertalite.

"Kalau misalnya harga sama tetapi masyarakat mendapatkan (BBM) lebih baik dengan octan number lebih baik, sehingga untuk mesin juga lebih baik sekaligus emisinya menurun. Why not?," ungkapnya.

Jika rencana diterapkan, maka tahun depan Pertamina hanya akan menjual tiga produk BBM. Satu di antaranya, Pertamax Green 92 yang mencampur RON 90 dengan 7 persen etanol.

Baca Juga: BBM Pertamax Turun Harga, Simak Rincian Harga Terbaru per 1 Juni 2023

"Kedua Pertamax Green 95 mencampur Pertamax dengan 8% etanoldan ketiga Pertamax Turbo. Jadi ada dua green gasoline, green energy, low carbon yang akan menjadi produk Pertamina," ujar Nicke.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x