Kala Jurnalis Ikut Berperan Menciptakan Berita Berkualitas untuk Masa Depan Lingkungan Hidup

- 29 Agustus 2023, 12:00 WIB
Jurnalis senior Deni Yudiawan memaparkan materi Eco Journalism dalam Journalist Camp PRMN X Eiger 2023.
Jurnalis senior Deni Yudiawan memaparkan materi Eco Journalism dalam Journalist Camp PRMN X Eiger 2023. /Dok PRMN

Literasi News - Isu seputar lingkungan hidup di berbagai belahan dunia tak terkecuali di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir mendapat perhatian tinggi dari pengguna internet atau netizen di media sosial kita.

Terbaru isu lingkungan hidup yang mendapat sorotan cukup tinggi adalah soal polusi udara yang memburuk di Jakarta. Lalu bagaimana seorang jurnalis menjelaskan fenomena ini kepada khalayak?.

Jurnalis senior asal Bandung Deni Yudiawan mengupasnya dalam sesi materi Sosio Eco Journalism dalam acara Journalist Camp 2023 yang diprakarsai Pikirian Rakyat Media Network (PRMN) dan Eiger.

Baca Juga: Bagaimana Seharusnya Jurnalis Mempersiapkan Liputan di Alam Bebas

Journalist Camp 2023 yang mengusung tema Inovation, People, & Culture ini diikuti puluhan pemimpin redaksi media di ekosistem PRMN di wilayah Jawa Barat. Event kolaborasi perdana PRMN dan Eiger ini dilaksanakan di Sari Ater Campervan, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang  Kami, 24 Agustus 2023.

Antusias peserta Journalist Camp mengikuti materi Sosia Eco Journalism.
Antusias peserta Journalist Camp mengikuti materi Sosia Eco Journalism. Dok PRMN

Pertama-tama, Deni Yudiawan membeberkan fakta hasil riset yang Google Indonesia yang dirilis tahun 2022 lalu, yang didalamnya memuat perilaku bagaimana kecenderungan netizen mencari di laman mesin pencari.

Pria yang saat ini bekerja di Google News Initiative ini menjelaskan berdasarkan hasil riset Google Indonesia ini menunjukan demand atau permintaan netizen Indonesia terhadap isu lingkungan dalam kurun dua tahun terakhir.

"Fenomena meningkatknya pencarian terrhadap isu lingkungan tidak bisa terlepas dari peristiwa pandemi Covid-19 yang menerjang seluruh belahan dunia "Pandemi ini mengubah semuanya," kata Deni.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x