Bagaimana Seharusnya Jurnalis Mempersiapkan Liputan di Alam Bebas

- 29 Agustus 2023, 02:08 WIB
Peserta Journalist Camp PRMN X Eiger 2023 antusias mengikuti kegiatan.
Peserta Journalist Camp PRMN X Eiger 2023 antusias mengikuti kegiatan. /

Literasi News - Bagi seorang jurnalis, melakukan peliputan sebuah peristiwa adalah hal yang lumrah. Mulai dari meliput peristiwa penting seperti soal kemiskinan ekstrem, pejabat korupsi, dinamika menjelang pemilu, polusi udara, hingga peristiwa sehari-hari lainnya.

Namun seorang jurnalis yang tebiasa hadir dalam situasi apapun itu adakalanya dihadapkan pada situasi baru, yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, yaitu tugas liputan di alam bebas.

Layaknya seorang pecinta alam yang akan melakukan pendakian, seorang jurnalis juga perlu memahami persiapan dan perencanaan untuk liputan di alam bebas.

Baca Juga: Wisata Majalengka yang Wajib Dikunjungi Ketika Hari Libur

"Karena 50 persen keberhasilan ada dalam persiapan," begitulah pesan pertama yang disampaikan Pegiat Alam Senior Asal Bandung, Galih Donikara saat menyampaikan materi dalam kegiatan Journalist Camp 2023 bertajuk 'Inovation, People, & Culture'.

Sebuah event koloborasi perdana antara Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) dan Eiger yang diikuti puluhan Pemimpin Redaksi Mitra PRMN dari wilayah Jawa Barat yang digelar di Sari Ater Campervan Park, di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Kamis, 24  Agustus 2023.

Sesi materi perdana dalam Journalist Camp yang dipandu oleh MC Kuns Kurniawan dan Tama Randy dengan balutan jokes ini diikuti secara antusias oleh para peserta.

Dalam pemamparan materinya, Galih yang saat ini menempati posisi Eiger Service Team menuturkan kegiatan di alam bebas termasuk liputan berita itu adalah aktivitas yang mengundang bahaya.

Baca Juga: One Piece 1074 Libur, Episode Terbaru Kapan Tayang? Cek Jadwal Rilis dan Spoiler Selengkapnya

"Karena alam itu mengandung bahaya dan kita mengundang bahaya," jelas dia.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x