DPRD Jabar Oleh Soleh Ungkap Beberapa Kendala Pelaksanaan Ibadah Haji 2023

- 4 Juli 2023, 21:11 WIB
DPRD Jabar Oleh Soleh Ungkap Beberapa Kendala Pelaksanaan Ibadah Haji 2023.
DPRD Jabar Oleh Soleh Ungkap Beberapa Kendala Pelaksanaan Ibadah Haji 2023. /Dok DPRD Jabar

Literasi News - Pelaksanaan Haji 2023 diwarnai dengan sejumlah kendala, hal itu diungkapkan oleh wakil ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Oleh Soleh yang ikut menjadi petugas Haji Daerah.

Menurut Oleh, apa yang dirasakan dilihat pada tataran pelaksanaan dari tiga pelayanan soal akomodasi, transportasi, konsumsi dan tentunya kesehatan ini masih banyak kekurangan-kekurangan.

"Salah satunya adalah soal transportasi Bus Shalawat yang secara khusus disiapkan untuk jamaah Indonesia dari tempat hotel dimana menginap menuju masjidil haram tidak jelas kedatangannya. Kalau dari sisi hotel cukup lumayan fasilitas nya bagus karena hotel nya memang diatas bintang tiga," sambung Oleh Soleh saat dihubungi oleh wartawan, Senin (3/07/23).

Baca Juga: Dinilai Peduli Nasib Seniman, Pegiat Kebudayaan di Bekasi Dukung Gus Imin Presiden 2024

Kemudian dari sisi konsumsi, menurut Oleh sudah sesuai dengan selera dan masakan indonesia cukup baik lah tetapi kadang-kadang juga ada saatnya makanan datang telat dan porsinya cukup sedikit.

"Bahkan ada sarapan pagi diganti dengan pop mie yang bagi orang Indonesia tidak biasa. Sementara kan puncak haji ini memerlukan energi yang kuat, badan yang sehat dan fit, nah kalau badan sehat badan fit seharusnya asupan konsumsi harus sesuai dengan standar takarannya juga soal gizi nya," jelasnya.

Oleh juga mengungkapkan bahwa saat puncak Ibadah Haji banyak sekali terjadi kendala-kendala. Salah satunya tenda tempat wukuf di Mina yang dari sisi kapasitas tidak memadai, juga jarak penginapan ke Jamarot yang jaraknya cukup terlalu jauh kisaran 7-9 km.

"Jarak yang cukup jauh ini terkait karena kondisi usia jamaah Indonesia ini yang rata-ratanya sudah lansia, selain daripada jarak yang cukup jauh kapasitas tenda yang kecil dimana seharunya di isi dengan kapasitas 150 tetapi di isi oleh 300-400 jamaah, dan bahkan banyak jamaah yang tidak mendapatkan tenda," ungkapnya.

Baca Juga: 6 Pedang One Piece yang Mungkin Masuk Golongan Tertinggi Meito

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x