Inilah Sosok Salwan Momika, Pengungsi Asal Irak yang Membakar Al-Qur’an di Swedia

- 2 Juli 2023, 08:28 WIB
Inilah Sosok Salwan Momika, Pengungsi Asal Irak yang Membakar Al-Qur’an di Swedia
Inilah Sosok Salwan Momika, Pengungsi Asal Irak yang Membakar Al-Qur’an di Swedia /Instagram

Literasi News- Seorang pria asal Irak melakukan aksi provokatif dengan membakar salinan Al-Qur'an. Parahnya, aksi tersebut dilakukan di lingkungan masjid di kawasan Soderlman, Stockholm, Swedia bertepatan dengan perayaan Idul Adha 1444 H, Rabu lalu.

Aksi tersebut dilakukan oleh seorang pria bernama Salwan Momika. Ia terlebih dahulu meletakkan sepotong daging asap di atas kitab suci umat Islam tersebut. Ia kemudian mulai menginjak-injaknya dengan menggunakan kaki, sebelum akhirnya membakar Al-Qur’an.

Pria bernama lengkap Salwan Sabah Matti Momika itu merupakan seorang pengungsi Irak berusia 37 tahun yang secara terbuka mengungkapkan pendapatnya.

Baca Juga: Puluhan Orang Menyerbu Kompleks Kedutaan Swedia, Usai Aksi Pembakaran Al-Qur'an di Swedia

Dikutip dari The Local Sweden, sebelumnya polisi sempat melarang Momika membakar Al-Qur’an di luar Kedutaan Irak dengan alasan hal itu berisiko menimbulkan gangguan publik pada Februari 2023 lalu.

Namun pada bulan April, pengadilan administratif membatalkan larangan tersebut, memutuskan bahwa hak untuk berkumpul dan hak untuk memprotes keduanya dilindungi di bawah undang-undang konstitusional Swedia, kecuali jika mereka menimbulkan ancaman keamanan yang nyata. Ini berarti bahwa polisi tidak memiliki alasan untuk menghentikan protes tersebut.

Baca Juga: 5 Kekuatan Terbesar Pemerintah Dunia di One Piece, yang Lama Jadi Misteri

pria itu melarikan diri dari Irak ke Swedia beberapa tahun lalu dan tinggal di kota Järna di Södertälje, Stockholm County. Dia mengidentifikasi dirinya sebagai seorang ateis.

Dia mengatakan, dirinya melancarkan demonstrasi tersebut setelah tiga bulan pertempuran hukum di pengadilan.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x