Puluhan Orang Menyerbu Kompleks Kedutaan Swedia, Usai Aksi Pembakaran Al-Qur'an di Swedia

- 2 Juli 2023, 08:25 WIB
Puluhan Orang Menyerbu Kompleks Kedutaan Swedia, Usai Aksi Pembakaran Al-Qur'an di Swedia
Puluhan Orang Menyerbu Kompleks Kedutaan Swedia, Usai Aksi Pembakaran Al-Qur'an di Swedia /Tangkap Layar/Instagram

Literasi News- Usai aksi pembakaran Al-Qur'an oleh Salwan Momika di Swedia, puluhan orang menyerbu kompleks Kedutaan Swedia di ibu kota Irak, Baghdad. Massa berkumpul di luar kedutaan di Baghdad pada Kamis lalu. setelah seorang ulama yang berpengaruh menyerukan protes penuh kemarahan.

Insiden itu juga memicu kemarahan di negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim lainnya termasuk Turki. Turki adalah anggota NATO yang memiliki hak yang menentukan Swedia untuk menjadi anggota NATO.

Dikutip dari BBC, negara-negara Timur Tengah termasuk Irak, Iran, Arab Saudi, dan Mesir mengecam keras pembakaran tersebut. Maroko dan Yordania telah menarik duta besar mereka untuk Stockholm.

Baca Juga: Polisi Temukan Bom Takitan di Sumatera Barat di Desa Apar Kota Pariaman Saat HUT Bhayangkara

Irak mengatakan insiden itu adalah "cerminan dari semangat agresif penuh kebencian yang tidak ada hubungannya dengan kebebasan berekspresi,"

Iran menyuarakan kritik Irak dan menyebut tindakan membakar Al-Qur'an "provokatif" dan "tidak dapat diterima" Sementara Mesir menggambarkannya sebagai tindakan "memalukan" yang sangat provokatif saat umat Islam memperingati Idul Adha.

Arab Saudi, negara tempat sekitar 1,8 juta jamaah berhaji pada pekan ini, mengatakan "tindakan kebencian dan berulang ini tidak bisa diterima dengan alasan pembenaran apapun,"

Baca Juga: NONTON Horimiya Piece Episode 1 Sub Indo, Download Horimiya Piece Bukan di Otakudesu, Anoboy, Samehadaku

Rangkaian pembakaran Al-Qur'an di Swedia sebelumnya juga dilakukan oleh politikus sayap kanan Erasmus Paludan. Aksi ini bahkan memicu kerusuhan di Swedia.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x