Bantu Korban Gempa Cianjur, Relawan GTD Bangun 5 Titik Pengungsian di Desa Cibulakan, Cugenang

- 23 November 2022, 16:28 WIB
Bantu Korban Gempa Cianjur, Relawan GTD Bangun 5 Titik Pengungsian di Desa Cibulakan, Cugenang.
Bantu Korban Gempa Cianjur, Relawan GTD Bangun 5 Titik Pengungsian di Desa Cibulakan, Cugenang. /Dok GTD Jawa Barat

  Literasi News - Relawan Gerak Tanggap Darurat (GTD) dirikan posko pengungsian untuk membantu korban bencana alam gempa bumi Cianjur.

Posko pengungsian yang disediakan GTD di fokuskan di 5 titik di Desa Cibulakan, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. Dimana 1 posko pengungsian utama, dan 4 posko pengungsian yang tersebar di kampung-kampung terdampak bencana.

5 Posko pengungsian Relawan GTD ini didirikan beberapa saat usai gempa pada Senin, 22 November 2022 sore.

Baca Juga: Anggaran BTT Rp12 Triliun, Mendagri Himbau Seluruh Pemda di Indonesia Berikan Hibah Untuk Kabupaten Cianjur

Untuk informasi Relawan GTD merupakan badan otonom DPW PKB Jawa Barat, untuk membantu penanganan bencana dan kebutuhan masyarakat lainnya.

Koordinator Relawan GTD Asep Irfan yang saat ini berada dilokasi mengatakan pihaknya menurunkan 46 orang personel yang terdiri dari tim medis, tim dapur umum, dan tim evakuasi.

"Seluruh 46 relawan ini kita sebar di lima titik ini untuk menyisir dan mengevakuasi, memfasilitasi pertolongan pertama, dan menyiapkan makanan cepat saji untuk para korban," kata Asep Irfan kepada wartawan

Asep mengatakan sejauh ini pihaknya belum membangun posko pengungsian tambahan karena terkendala kontur tanah yang labil akibat gempa tektonik terjadi.

Baca Juga: Apa itu PPK dan PPS dalam Pemilu ? Kenali Pengertian, Tugas, Wewenangnya

Desa Cibulakan, di Kecamatan Cugenang masuk desa paling terdampak akibat gempa bumi ini, ratusan rumah roboh, 2 uni pesantren rusak, dan akses jalan tertutup, dan sekitar 1500 warga mengungsi.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x