BNPB Segera Aktifkan Posko Penanganan Bencana Pasca Gempa Cianjur

- 21 November 2022, 20:10 WIB
Penampakan reruntuhan bangunan pascagempa M 5,6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin 21 November 2022.
Penampakan reruntuhan bangunan pascagempa M 5,6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin 21 November 2022. /ANTARA/HO-BNPB/

Literasi News - Pascagempa magnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur, posko penanganan bencana akan segera diaktiflan.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, dalam keterangan pers yang dilansir Antara.

"Kami segera aktifkan posko penanganan bencana, kemudian juga kedatangan kami ke daerah akan membawa logistik bagi para pengungsi yang terpaksa harus tinggal di pengungsian," katanya.

Kepala BNPB menjelaskan, pihaknya akan segera menuju ke lokasi terdampak untuk melakukan upaya percepatan penanganan gempa. Dia memastikan pula pemenuhan kebutuhan masyarakat terdampak.

"BNPB akan menempatkan satu unit helikopter untuk mempermudah penanganan darurat bencana, evakusi dan pendistribusian logistik ke lokasi-lokasi terisolir," tuturnya.

Baca Juga: Update Gempa Cianjur M 5,6, Dilaporkan 46 Orang Meninggal Dunia, Berikut Informasi Kemenko PMK

Suharyanto mengakui, tidak ada yang dapat memprediksi kapan terjadinya bencana, yang terpenting bagaimana respon yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat saat terjadinya bencana.

“Gempa sudah terjadi, tidak ada satu kekuatan yang bisa menghindari kapan terajdinya bencana, yang pasti setelah terjadi bencana bagaimana upaya-upaya kita secara sinergi, soliditas dan sungguh-sungguh agar penanganan bencana dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Berdasarkan pendataan yang disusun oleh Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BNPB, dampak yang diakibatkan gempa tersebut turut merusak beberapa bangunan, seperti 343 unit rumah rusak berat, satu unit pondok pesantren rusak berat, RSUD Cianjur alami rusak sedang.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: BNPB Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x