Penting! Ini 5 Cara Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Gempa Bumi

- 21 November 2022, 17:12 WIB
Ilustrasi Gempa - Penting! Ini 5 Cara Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Gempa Bumi.
Ilustrasi Gempa - Penting! Ini 5 Cara Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Gempa Bumi. /Pexels

Literasi News – Bencana gempa bumi berkekuatan 5.6 Magnitudo guncang wilayah Cianjur dan sekitarnya pada Senin, 21 November 2022, pukul 13.21 WIB.

Guncangan gempa bumi di Cianjur ini juga terasa cukup kuat di wilayah Bogor, Bekasi, hingga Jakarta.

Sejumlah fasilitas umum dan rumah warga mengalami rusak berat, bahkan dilaporkan puluhan orang meninggal dunia, dan puluhan lainnya mengalami luka-luka akibat gempa di Cianjur ini.

Baca Juga: Gempa Cianjur Hari Ini M 5.6, BNPB: 2 Orang Meninggal, 4 Luka-luka, 7 Rumah Rusak Berat

Dikutip dari laman BPBD Kabupaten Bogor berikut tips bila terjadi gempa bumi saat anda sedang di rumah. Anda bisa melakukan cara penyelamatan diri sebagai berikut ini:

1. Jika memungkinkan, dalam beberapa detik sebelum guncangan semakin hebat, segera menjauh dari kaca, benda gantung, rak buku, lemari cina, atau furnitur besar lainnya yang bisa jatuh. Perhatikan benda yang jatuh, seperti batu bata dari perapian dan cerobong asap, perlengkapan lampu, hiasan dinding, rak tinggi, dan lemari dengan pintu yang bisa dibuka.

2. Jika tersedia di dekat Anda, ambil sesuatu untuk melindungi kepala dan wajah Anda dari puing-puing yang berjatuhan dan pecahan kaca.

3. Jika Anda berada di dapur, segera matikan kompor dan tutupi saat terjadi guncangan pertama.

Baca Juga: Gaji PPK dan PPS Pemilu 2024, Intip Besaran Nominalnya

4. Jika Anda di tempat tidur, tahan dan tetap di sana, lindungi kepala Anda dengan bantal. Lebih kecil kemungkinan terluka jika berlindung di tempat Anda berada. Perlu diingat, pecahan kaca di lantai dapat menyebabkan cedera jika Anda berjalan untuk menuju ke luar rumah.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x