Guru Honorer Berperan Besar Dalam Pendidikan Nasional, Berikut Penjelasan Ketua PB PGRI

- 10 Oktober 2022, 19:49 WIB
Ilustrasi Guru Honorer.* Tenaga guru honorer dinilai sangat berperan dalam dunia pendidikan nasional. Ini penjelasan Ketua PB PGRI .
Ilustrasi Guru Honorer.* Tenaga guru honorer dinilai sangat berperan dalam dunia pendidikan nasional. Ini penjelasan Ketua PB PGRI . /Foto : dok.pikiran-rakyat.com/

Literasi News - Tenaga guru honorer dinilai sangat berperan dalam dunia pendidikan nasional.

Hal itu mengingat jumlah guru honorer lebih banyak jika dibandingkan dengan guru PNS (pegawai negeri sipil).

Demikian disampaikan oleh Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Huzaifa Dadang AG.

Berdasarkan data PGRI, secara nasional terdapat 3.357.935 guru di Indonesia, di mana 52,2 persen atau 1.754.555 guru honor, dan selebihnya 1.603.380 guru PNS.

"Artinya, guru honor memang lebih dominan dari PNS," ujar Dadang di Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Senin 10 Oktober 2022.

Dia menjelaskan bahwa PGRI selalu menyuarakan kepada pemerintah pusat agar mengangkat status guru honor menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), minimal Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Baca Juga: Hari Kesaktian Pancasila, Mendikbudristek: 'Saktinya Pancasila Terletak Pada Penerapan Nilai'

Ia mengatakan, persoalan guru honor itu harusnya sudah selesai ditangani pada tahun 2015. Hal ini merujuk pada Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

"Namun pemerintah belum sepenuhnya menjalankan amanat Undang-Undang itu, karena sampai hari ini masih ada 52,2 persen guru honor di Tanah Air," ujarnya.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah