Peringati Hari Guru Nasional atau HGN 2022, Kemendikbudristek Berikan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan

- 23 September 2022, 10:05 WIB
Ilustrasi guru mengajar.*
Ilustrasi guru mengajar.* /Pixabay/aditiotantra/

Literasi News - Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional tahun 2022, Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) menggelar webinar Sosialisasi Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). Seperti diketahui, Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November.

Apresiasi bagi guru dan tenaga kependidikan itu merupakan upaya Kemendikbudristek untuk memberikan penghargaan kepada guru dan tenaga kependidikan yang inspiratif dalam mengimplementasikan kebijakan Merdeka Belajar.

Guru inspiratif yang terpilih akan diundang dalam acara perayaan puncak Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2022. Adapun tema HGN tahun ini adalah "Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar".

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Plt. Dirjen GTK), Nunuk Suryani, mengatakan, guru sebagai ujung tombak dalam proses pendidikan generasi masa depan bangsa, sekaligus menjadi agen transformasi dalam proses penguatan SDM.

"Hal ini senada dengan tujuan Kemendikbudristek melalui kerangka besar Merdeka Belajar, yaitu mewujudkan Profil Pelajar Pancasila,” katanya di Jakarta.

Baca Juga: Mendikbudristek Nadiem Makarim Sampaikan Capaian Presidensi G20 Bidang Kebudayaan

Dia menjelaskan bahwa tujuan dari diselenggarakannya webinar ini adalah untuk mempertegas dan memperjelas penyelenggaraan kegiatan Apresiasi GTK tahun 2022. "Peran guru dalam segala lini sangat penting karena berkaitan dengan proses penguatan SDM," tuturnya.

Pelaksana tugas Direktur Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus (Plt. Dir. Dikmen Diksus), Yaswardi, menyebutkan, acara Apresiasi GTK ini dilaksanakan untuk mengapresiasi para guru dan tenaga kependidikan dalam menerapkan Merdeka Belajar pada konteks pembelajaran berdiferensiasi dan berpusat pada peserta didik.

Untuk mendaftar dalam Apresiasi GTK ini peserta diwajibkan memiliki akun belajar.id dan mengunggah karyanya dalam Platform Merdeka Mengajar.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Kemendikbudristek


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x