Seorang Polhut Temukan Mortir 81 mm Tergeletak di Semak Pohon Pisang di Cibeber Cianjur

- 28 Oktober 2022, 19:10 WIB
Benda diduga mortir ditemukan tergeletak di semak-semak pohon pisang di Kampung Cihurip  Desa Karang Nunggal, Cibeber, Cianjur.
Benda diduga mortir ditemukan tergeletak di semak-semak pohon pisang di Kampung Cihurip Desa Karang Nunggal, Cibeber, Cianjur. /Literasi News/Nabiel Purwanda/

Literasi News - Benda diduga mortir ditemukan tergeletak di semak-semak pohon pisang di Kampung Cihurip RT 08/03, Desa Karang Nunggal, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Amunisi senjata itu kali pertama ditemukan oleh seorang anggota Polisi Hutan (Polhut) yang tengah berpatroli batas lahan Perhutani.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Karang Nunggal, Koramil 0608-03/Cibeber, Sertu Ucu Supriatna mengatakan munisi bahan peledak berukuran 81 mm yang ditemukan warga itu dalam kondisi berkarat.

Disebutkan Ucu, mortir yang diduga bekas peninggalan zaman penjajahan itu langsung dievakuasi dan diamankan oleh tim Pemeliharaan Perlengkapan (Harpal) 03 Kodim 0608/Cianjur.

Baca Juga: Dua Rumah di Sukanagara Cianjur Ludes Terbakar, Kerugian Mencapai Ratusan Juta Rupiah

"Kondisi mortir berukuran 81 mm sudah berkarat, dan diduga masih aktif. Kita langsung lakukan evakuasi dan diamankan oleh tim dari Harpal 02 Kodim 0608/Cianjur," kata Ucu, kepada wartawan, Jumat 28 Oktober 2022.

Selain mengamankan mortir, tutur Ucu, petugas juga kembali menyisir lokasi penemuan dan mengimbau warga untuk segera melapor jika menemukan benda serupa.

"Warga diimbau jika menemukan benda serupa atau jenis amunisi lainnya segera melapor. Karena, kita tidak tahu apakah kondisi munisi tersebut masih aktif atau tidak untuk menghindari hal yang tidak diinginkan," tandasnya.***

Editor: Dipo Sasono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x