Sebut Citayam Fashion Week Buah Kreasi Masyarakat, Bang Faiz Tolak Ide Pendaftaran Hak Paten oleh Baim Wong

- 25 Juli 2022, 14:19 WIB
Sebut Citayam Fashion Week Buah Kreasi Masyarakat, Bang Faiz Tolak Ide Pendaftaran Hak Paten oleh Baim Wong.
Sebut Citayam Fashion Week Buah Kreasi Masyarakat, Bang Faiz Tolak Ide Pendaftaran Hak Paten oleh Baim Wong. /Instagram/@cfw_official/

Literasi News - Anggota DPRD Jawa Barat M Faizin memberikan respon terkait pendaftaran Citayam Fashion Week ke dalam Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) oleh perusahaan milik pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven PT. Tiger Wong Entertainment.

Faizin yang merupakan legislator PKB asal Kota Depok menyebut Baim Wong dan Paula Verhoeven tidak punya hak untuk mematenkan nama Citayam Fashion Week.

"Citayam Fashion Week ini kan sesungguhnya kreasi masyarakat yang muncul dari masyarakat banyak artinya ini bukan milik pribadi pribadi saat ini," kata Faizin kepada wartawan Senin, 25 Juli 2022.

Baca Juga: Pria Asal Bandung Ditemukan Meninggal Dunia di Kamar Penginapan, Ini Dugaan Penyebabnya

Bang Faiz sapaan akrab Faizin, menilai Citayam Fashion Week muncul dari sesuatu yang tidak diduga sehingga masyarakat akhirnya melabelkan ini.

"Maka sesungguhnya Baim Wong tidak punya hak untuk mematenkan ini karena ini sebenarnya ini hak publik. Kan Hak paten bisa dipatenkan kalau itu hasil kreasi sendiri atau berupa merek atau berupa temuan-temuan baru," paparnya.

Selanjutnya Bang Faiz menjelaskan Citayam Fashion Week sebagai karya budaya yang muncul secara nature, secara natural dari masyarakat yang didominasi oleh anak-anak muda dari Sudirman, Citayam, Bojonggede, dan Depok.

"Saya kira yang berhak sesungguhnya adalah pemerintah, sebaiknya pemerintah mematenkan ini kemudian ini dibuka untuk kepentingan publik jadi pematenan ini bukan untuk mencari keuntungan semata tapi ini untuk menjaga kekayaan budaya masyarakat kita yang tercipta dengan ide-ide kreatifnya anak-anak muda, bukan milik pribadi pribadi," ujarnya.

Baca Juga: Inilah daftar Film Terlaris Sepanjang Masa 2022, Ivanna Raih 1,5 Juta Penonton

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x