Gus Yahya Pimpin NU, inilah 3 PR besar menurut Kiai Maman Imanulhaq

- 24 Desember 2021, 17:19 WIB
Gus Yahya Pimpin NU, inilah 3 PR besar menurut Kiai Maman Imanulhaq.
Gus Yahya Pimpin NU, inilah 3 PR besar menurut Kiai Maman Imanulhaq. /Litrasi News

Literasi News - Pemilihan ketua umum PBNU yang berlangsung dramatis berakhir sudah pagi tadi. KH Yahya Cholil Staquf atau yang biasa disapa Gus Yahya memenangkan pemilihan Ketua Umum PBNU dalam sidang Muktamar NU ke-34 di Lampung, Jumat, 24 Desember 2021. Mantan Jubir Presiden RI di era Gusdur itu menyisihkan incumbent KH Said Aqil Siradj yang digelar secara voting.

Sebelumnya Para Ulama yang dipilih sebagai Ahwa ( Ahlu Halli wal Aqdi) oleh muktamirin telah memutuskan secara musyawarah untuk menunjuk KH. Kifayatul Akhyar sebagai Rais Amm PBNU periode 2021-2026.

Tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU), KH Maman Imanulhaq mengapresiasi penyelenggaraan Muktamar NU yang berlangsung secara demokratis dan lancar. Meski sedikit diwarnai perdebatan alot hingga sempat memanas, namun gelaran 5 tahunan NU itu dianggap sukses dan melahirkan nahkoda baru kepengurusan PBNU.

Baca Juga: Polres Cianjur Sterilisasi Sejumlah Gereja Menjelang Pelaksanaan Misa Natal, Dua Anjing Pelacak Dilibatkan

Usai proses demokrasi yang melelahkan itu, kini saatnya, kata Pengasuh Ponpes Al Mizan Jatiwangi, NU melakukan konsolidasi, merapatkan kembali barisan untuk menyongsong satu abad pengabdian NU.

Menurut Kiai Maman, NU adalah rumah besar, tempat berjuang bersama semua kalangan yang memiliki prinsip ideologi Islam ahlussunah wal jamaah dan memiliki komitmen Keumatan, kebangsaan dan kemanusiaan.

Dalam catatan Kiai Maman, Gus Yahya setidaknya punya 3 pekerjaan rumah yang tidak mudah dalam memimpin roda organisasi hingga tahun 2026 salah satunya yakni penguatan institusi. Selain itu, di era society 5.0 yang telah berjalan, NU harus menjadi lokomotif untuk melakukan transformasi digital. Sementara PR lain yang tidak kalah penting adalah penguatan dan pembenahan manajenen sumber daya manusia (SDM) baik di dalam warga Nahdliyin maupun kepada publik pada umumnya.

Baca Juga: Lirik Lagu dan Chord Gitar Buih Jadi Permadani - Exist (Band Malaysia) Cover Zinidin Zidan Cocok Buat Pemula

"NU tidak hanya sekedar hanya melakukan transformasi digital, tetapi lebih dari itu yakni melakukan penguatan SDM untuk menjawab tantangan zaman," kata Kiai Maman kepada media, Jumat, 24 Desember 2021.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x