Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini Jumat 24 Desember 2021, Hujan Intensitas Sedang dan Lebat di Sejumlah Wilayah

- 24 Desember 2021, 11:41 WIB
Ilustrasi hujan lebat.* Prakiraan cuaca BMKG hari ini Jumat 24 Desember 2021. Hujan intensitas sedang dan lebat di sejumlah wilayah Indonesia.
Ilustrasi hujan lebat.* Prakiraan cuaca BMKG hari ini Jumat 24 Desember 2021. Hujan intensitas sedang dan lebat di sejumlah wilayah Indonesia. /PIXABAY/PublicDomainPictures./

Literasi News - Berikut prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hari ini Jumat 24 Desember 2021. Hujan intensitas sedang dan lebat diprakirakan terjadi di sejumlah wilayah Indonesia.

Berdasarkan laporan BMKG dilansir Antara, sebagian wilayah Indonesia diguyur hujan sedang hingga lebat di sebagian kawasan ibu kota serta laut timur.

Disebutkan, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat berpotensi terjadi antara lain di wilayah Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara dan Maluku. Hal ini akibat pengaruh suspek bibit siklon tropis di wilayah laut timur.

Sedangkan potensi angin kencang dapat terjadi antara lain di wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

BMKG mendeteksi suspek area bibit siklon tropis di wilayah laut timur yang berpotensi berkembang menjadi siklon tropis dalam kurun waktu 24-72 jam ke depan.

Baca Juga: Sebanyak 19 Desa di Jawa Barat Tergolong Daerah Risiko Tinggi Bencana, Simak Paparan BPBD

Selain itu potensi gelombang dengan ketinggian 2,5 hingga 4 meter berpotensi terjadi di wilayah Samudra Pasifik utara Jayapura.

Prakiraan cuaca wilayah Pulau Sumatera perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang antara lain di wilayah Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung.

Potensi yang sama juga dapat terjadi di sebagian besar wilayah Pulau Jawa dari Banten hingga Jawa Timur. Sebagian besar wilayah Pulau Kalimantan juga memiliki potensi yang sama, termasuk sebagian besar wilayah Bali dan Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, kecuali Gorontalo dan sebagian besar wilayah Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.***

Editor: Hasbi

Sumber: BMKG ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x