Ketua Forkonas PP DOB Sebut Pembentukan Otonomi Daerah Bagian dari Cita-cita Reformasi

- 29 November 2021, 20:45 WIB
Ketua Forkonas PP DOB Sebut Pembentukan Otonomi Daerah Bagian dari Cita-cita Reformasi.
Ketua Forkonas PP DOB Sebut Pembentukan Otonomi Daerah Bagian dari Cita-cita Reformasi. /Instagram @syaifulhooda

Literasi News - Ketua Umum Forum Koordinasi Nasional Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru (Forkonas PP DOB), Syaiful Huda sebut agenda pembentukan otonomi daerah baru merupakan bagian dari semangat cita-cita reformasi.

Hal ini disampaikan Syaiful Huda dalam acara Sarasehan Otonomi Daerah yang digelar oleh Presidium Pembentukan Provinsi Cirebon (P3C) di Hotel Patrajasa Kabupaten Cirebon pada Minggu, 28 November 2021.

Huda menyampaikan agenda pembentukan otonomi daerah baru seperti halnya Provinsi Cirebon tidaklah ahistoris.

Baca Juga: UPDATE Covid-19 Senin 29 November 2021, Kasus Positif Bertambah 176 Orang dan Sembuh 419 Orang

"Sehingga agenda pembentukan daerah otonomi daerah bukan tanpa mandat politik. Jadi pembentukan derah otonomi daerah ini masih menjadi bagian dari spirit dan agenda reformasi kita," kata Syaiful Huda.

Salah satu agenda utama reformasi saat itu, bagaimana pemerintah dari pusat, provinsi hingga level daerah mampu melakukan percepatan pemerataan pembangunan. Kemudian percepatan pelayanan publik, dan menuntaskan disparitas berbagai persoalan yang dirasakan selama Orde Baru.

Bahwa kemudian dalam praktiknya pembentukan daerah otonomi baru di awal era reformasi masih ada kekurangan, menurut Huda, itu soal lain. Tetapi semangat untuk terus mempercepat akselerasi pemerataan pembangunan harus terus diperjuangkan.

Baca Juga: Operasi Lilin 2021 Siap Digelar, Sebanyak 179.814 Personel Gabungan Dikerahkan

"Itu sikap objektif pertama saya menyangkut pembentukan daerah otonomi baru ini sesungguhnya bukan agenda ahistoris. Tapi pembentukan daerah baru merupakan agenda sejarah reformasi kita, dan harus terus kita gaungkan," tegasnya.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x