Soal Penetapan APBD Perubahan Molor, Ini Catatan Fraksi PKB

- 19 Oktober 2021, 20:23 WIB
Soal Penetapan APBD Perubahan Molor, Ini Catatan Fraksi PKB.
Soal Penetapan APBD Perubahan Molor, Ini Catatan Fraksi PKB. /Dok Fraksi PKB DPRD Subang

Literasi News - Molornya penetapan APBD Perubahan 2021 menjadi sorotan publik. Meski demikian Fraksi PKB menilai itu merupakan dinamika yang positif, karena ada ruang untuk mengkritisi mata anggaran yang disusun.

Anggota badan anggaran dari Fraksi PKB H Endang Jamaludin menyampaikan, langkah yang dilakukan fraksi PKB juga atas dasar diskusi dan arahan dari DPC PKB Subang.

"Tidak ada upaya pemboikotan, apalagi sengaja untuk mengulur pengesahan APBD Perubahan, yang kami lakukan adalah kritik kebijakan yang dinilai tidak pro rakyat," jelas Endang, dalam keterangan resminya, Selasa 19 Oktober 2021.

Baca Juga: 4 Langkah Cek Pinjol Legal Atau Ilegal, Simak Ulasan Berikut

Karenanya, ada beberapa poin yang disoroti, pertama kaitan dengan anggaran honor RT/RW, anggaran Pilkades. Kemudian selama ini dia menilai ada perencanaan anggaran yang kurang optimal sehingga pelaksanaan perubahan APBD ini menjadi alat koreksi terhadap kekurangan tersebut.

Dia juga menyampaikan, ada piutang-piutang Pemda yang kemudian malah menjadi beban Pemda Karena tidak tertagih.

"Kalau perencanaannya baik saja dalam pelaksanaannya bisa tidak baik, apalagi kalau perencanaannya tidak baik, tentu pembangunan (di Subang) bisa terhambat," ujarnya.

Lain dari itu, dia juga menyampaikan, ada program di Dinas Pertanian yang nilainya Rp31 Miliar, dan anggaran itu bersumber dari pusat tapi akan dibayar pemerintah pusat setelah program terealisasi.

Baca Juga: Twibbon Ucapan Selamat Memperingati Maulid Nabi 2021, Mudah dan Praktis Dibuat

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah