Hasim Adnan dan PT. MUJ Salurkan Program Listrik Mandiri Rakyat di Kabupaten Sukabumi

- 7 Agustus 2021, 14:28 WIB
Hasim Adnan dan PT. MUJ Salurkan Program Listrik Mandiri Rakyat di Sukabumi.
Hasim Adnan dan PT. MUJ Salurkan Program Listrik Mandiri Rakyat di Sukabumi. /Literasi News

Literasi News - Jelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke 76 tahun, Warga Kampung Nangela Kec. Tegal Buleud, Kab. Sukabumi, yang selama ini belum mendapatkan akses listrik dari PLN, akhirnya bisa merasakan penerangan.

Hal tersebut bisa terlaksana berkat Program yang diinisiasi oleh Hasim Adnan, selaku Sekretaris Komisi 3 DPRD Jawa Barat bersama PT. MUJ (Migas Hulu Jabar) yang juga salah satu BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) milik Pemprov Jabar melalui dana CSR perusahan yang bergerak di sektor Migas ini.

"Kurang lebih 3 bulan ke belakang, saya mendapati kabar bahwa ada kampung di Sukabumi, tepatnya di Desa Nangela, yang belum teraliri listrik. Saya langsung ngontak teman-teman untuk melakukan pengecekan langsung ke lapangan. Hasil dari lapangan diketahui bahwa ada sekitar 200 KK yang rumahnya masih belum mendapatkan akses listrik dari PLN," Ujar pria yang juga Ketua DPC PKB Kab. Sukabumi ini.

Baca Juga: Konser Amal Indonesia Tangguh, Dimeriahkan Lesti Kejora, Rossa, Iwan Fals, Atlet Olimpiade, Live SCTV Indosiar

Setelah mendapatkan data lapangan yang valid, Hasim kemudian menyampaikan hal tersebut ke beberapa pihak yang berkepentingan termasuk mempertanyakan program Jabar Caang ke dinas terkait. Namun karena kondisi pandemik, anggaran juga tergerus, akhirnya Hasim mengontak PT. MUJ untuk bisa memfasilitasi lewat program CSR.

"Nah, setelah ada jawaban positif dari PT. MUJ, saya kontak dengan Kang Ujang Koswara penemu Limar (Listrik Mandiri Rakyat) yang juga sudah saya kenal baik sejak tergabung di dalam TOS (Tim Optimalisasi dan Sinkronisasi), terlebih keunggulan produk Limar ini, karena daya tahannya bisa sampai 10 tahun. Sehingga warga penerima manfaat tidak dipusingkan dengan tagihan listrik bulanan setidaknya selama 10 tahun ke depan," lanjut Sekretaris F-PKB DRPD Jabar ini.

"Dan Alhamdulillah, berkat kerjasama semua pihak, termasuk doa para warga yang merindukan terbebas dari kegelapan. Saya bersama PT. MUJ dan Limar, bisa menlaunching program tersebut di hari Jumat (6/8/21) penuh berkah ini. Dan mudah-mudahan bisa jadi kado spesial dalam rangka HUT RI ke 76 tahun," ungkap Hasim.

Baca Juga: Sinopsis Film Series 'Antares Episode 4 di WeTV: Cara Ares Menyukai Zea

Sementara itu, Ridwan, perwakilan dari PT. MUJ mengatakan bahwa pihaknya merasa terharu karena bisa ikut membantu warga di Desa Nangela ini melalui dana CSR. Mengingat dirinya juga ikut terjun langsung dari awal sejak proses verval (verifikasi dan validasi). Meski masih ada sekitar 18 rumah lagi yang belum terfasilitasi program Limar ini.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x