BMKG : Awal Musim Kemarau April 2021, La Nina Bertahan Hingga Mei

- 29 Maret 2021, 21:57 WIB
Ilustrasi, petugas BMKG tengah mengamati perkembangan cuaca. BMKG : Awal Musim Kemarau April 2021, La Nina Bertahan Hingga Mei
Ilustrasi, petugas BMKG tengah mengamati perkembangan cuaca. BMKG : Awal Musim Kemarau April 2021, La Nina Bertahan Hingga Mei /Dok BMKG/BMKG

Literasi News - Musim Kemarau 2021 diprediksi akan mulai berlangsung pada April 2021. Namun tidak menyeluruh, BMKG diperkirakan akan terjadi di 22,8 persen Zona Musim (ZOM), yaitu di Nusa Tenggara, Bali, dan sebagian Jawa.

Hasil pemantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terhadap anomali iklim global menunjukkan kondisi La Nina diprediksi masih akan terus berlangsung hingga Mei 2021.

"BMKG memprediksi peralihan angin monsun akan terjadi pada akhir Maret 2021 dan setelah itu Monsun Australia akan mulai aktif. Karena itu, Musim Kemarau 2021 diprediksi akan mulai terjadi pada April 2021," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Jakarta.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia, Hasil Pertandingan Putaran Kedua Zona Eropa 27-29 Maret 2021. Denmark Bantai Moldova

Baca Juga: Jadwal Putaran Ketiga Piala Menpora 30 Maret - 2 April 2021, Live di Indosiar

Dia mengatakan, April sampai Mei 2021 merupakan masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau (masa pancaroba), meski sejumlah daerah mulai memasuki musim kemarau namun tidak serentak.

Hasil pemantauan terhadap anomali iklim global menunjukkan kondisi La Nina diprediksi masih akan terus berlangsung hingga Mei 2021 dengan intensitas yang terus melemah. Sedangkan pemantauan kondisi Indian Ocean Dipole Mode (IOD) diprediksi netral hingga September 2021.

Dwikorita mengatakan, kedatangan musim kemarau umumnya berkait erat dengan peralihan Angin Baratan (Monsun Asia) menjadi Angin Timuran (Monsun Australia). BMKG memprediksi peralihan angin monsun akan terjadi pada akhir Maret 2021, setelah itu Monsun Australia akan mulai aktif.

Baca Juga: Tim Densus 88 Antiteror Polri Menangkap Empat Orang Teroris yang Terlibat Bom Gereja Katedral Makassar

Sejumlah wilayah yang akan memasuki Musim kemarau pada April 2021 yaitu wilayah Nusa Tenggara dan Bali, lalu wilayah Jawa, kemudian sebagian wilayah Kalimantan dan Sulawesi pada Mei hingga Juni 2021. Demikian dikutip Literasinews dari laman resmi BMKG.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x